Wujudkan Zero Waste, Pemkab Paser Lakukan Studi Tiru dan Brainstorming Dengan PT. SUSI

BANTEN, MCKabPaser – Permasalahan penanganan dan pengolahan sampah di Kabupaten Paser menjadi perhatian serius Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, pasalnya volume sampah setiap harinya di Wilayah Kabupaten Paser telah mencapai 40 ton per hari.

Orang nomor satu di Kabupaten Paser itu mengatkan, bahwa permasalahan ini agar segera ditangani, dengan melakukan pengolahan sampah secara mandiri yang memiliki nilai ekonomis” kata Bupati Fahmi saat brainstorming atau curah pendapat di PT. Saung Urai Sampah Indonesia (PT. SUSI), Tangeran Provinsi Banten, Rabu (28/2/2024).

Untuk menangani dan mengolah sampah tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan melakukan studi tiru dengan melihat dan meninjau langsung lokasi pengolahan sampah PT. Saung Urai Sampah Indonesia, Selasa (27/2/2024).

Ia mengaskan kepada perangkat daerah terkait bahwa dalam hal ini Pemkab Paser memiliki tugas yang besar guna mewujudkan Zero Waste di Kabupaten Paser. Yaitu sebuah konsep yang bertujuan untuk mengurangi dan meminimalkan produksi limbah, sehingga tidak ada lagi yang akhirnya mencemari lingkungan.

”Saya berharap ke depannya Kabupaten Paser bisa menerapkan konsep Zero Waste dengan tujuan untuk menciptakan sebuah lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan,” ujar Bupati.

Konsep ini menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama di negara-negara maju. Zero waste adalah konsep untuk mencapai keberlanjutan lingkungan dan mengurangi sampah yang diproduksi dengan memaksimalkan daur ulang dengan mengurangi konsumsi bahan-bahan sekali pakai, dan menghindari pembuangan sampah ke tempat pembuangan akhir.

Rombongan Pemerintah Kabupaten Paser  dalam studi tiru tersebut dipimpin Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana. Turut dihadiri pula Pimpinan PT. Bankaltimtara Cabang Tana Paser Yudi Susatyo.

Selain itu juga diikuti Perangkat Daerah terkait diantaranya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser Ahmad Safari, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertamanan (Perkimtan) Kabupaten Paser Hulaimi, Camat Tanah Grogot Abdul Rasyid, Kabag Sumber Daya Alam Setdakab Paser Amri Yuliardi, Kabag Prokopim  Setdakab Paser Abdul Kadir, Kabag Hukum  Setdakab Paser H.  Andi Azis.

Turut hadir pula Perwakilan Kodim 0904/Psr Pasiter Kodim 0904/Psr Kapten Inf Sartono, serta Direktur Bank Sampah Binzik Paser Muchammad Rifai Rodi alias Zidane. /Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *