Pemkab Paser Salurkan 23 Ton Benih & 7 Alsintan kepada Poktan Paser Belengkong

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser memberikan bantuan 23 Ton benih padi dan alat mesin pertanian (alsintan) untuk kelompok tani di Kecamatan Paser Belengkong, Kamis (21/10/2021).

Penyerahan bantuan yang dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Paser Belengkong ini dilakukan Staf Ahli Bupati Paser Bidang Ekonomi Afra Nahetha yang mewakili Bupati, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Paser M. Yasin, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Hulaimi, Camat Paser Belengkong Arbain, dan perwakilan Dinas Tanaman Pangan.

Dalam sambutan Bupati Paser, Staf Ahli Bidang Ekonomi Afra Nahetha mengatakan bantuan ini diberikan kepada petani guna meningkatkan produktivitas padi.”Bantuan ini juga untuk membantu petani yang terdampak banjir beberapa waktu lalu,” kata Afra.

Dikemukakan Afra bantuan dari pemerintah ini merupakan upaya stimulan untuk meningkatkan produktivitas kuantitas, dan kualitas pertanian.

Lanjut dia, bantuan ini sejalan dengan visi dan misi Bupati yaitu menjadikan Kabupaten Paser yang mandiri dan berdaya saing. Ia berpesan kepada instansi terkait untuk melakukan pembinaan kepada petani, dan terus berinovasi dalam mengembangkan produktivitas pertanian daerah.

“Harapan kami Kabupaten Paser nantinya bisa menjadi daerah swasembada beras,” ucap Afra.

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Paser M. Yasin mengatakan bantuan pemerintah ini berupa 23 ton benih padi untuk 6 kelompok tani di Kecamatan Paser Belengkong.

“Benih padi ini untuk dikembangkan di lahan 723 hektar,” ujar Yasin.

Adapun bantuan alsintan, kata Yasin, antara lain 3 power Threser untuk 3 kelompok tani, 1 unit hand traktor untuk 1 kelompok tani, dan 3 unit combine harvester besar untuk 3 kelompok tani.

Camat Paser Belengkong Arbain berharap bantuan yang diberikan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.”Kami minta kepala desa mengawasi warganya agar bantuan tersebut digunakan sebagaimana mestinya,” kata Arbain.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *