GPMB Paser Bentuk Pengurus di Desa Pengguren Jaya

TANA PASER, MCKabPaser – Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Paser mempercepat program pembentukan kepengurusan di tingkat desa, salah satunya pembentuk pengurus GPMB Desa Pengguren Jaya Kecamatan Batu Engau pada Sabtu, (19/06/2021).

Ketua GPMB Kabupaten Paser Kasrani mengatakan pengurus GPMB di desa tersebut akan membantu tugas memasyarakatkan budaya literasi atau minat baca masyarakat setempat, sebagai mana sejalan dengan visi misi Kabupaten Paser dalam rangka menciptakan SDM yang berkualitas.

“Ini merupakan upaya cepat meningkatkan budaya baca menuju Kabupaten Paser Maju Adil dan Sejahtera (PASER MAS) dengan program SATU DESA SATU GPMB,” kata Kasrani.

Kepengurusan GPMB Desa Pengguren Jaya akan berlaku hingga 2024. Kasrani berharap pengurus yang telah terbentuk dapat membekali masyarakat keterampilan keterampilan membaca dan pengetahuan yang memadai.

GPMB, lanjut dia, dapat memfasilitasi dengan menyediakan berbagai pelatihan dan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat. Pembekalan tersebut dapat diperoleh dengan menjadikan perpustakaan sebagai inspirator serta memaksimalkan peran komunitas literasi.

Kasrani menambahkan bahwa, Bupati Paser mengapresiasi dan sangat mendukung Program Satu Desa Satu GPMB yang diusung GPMB Kabupaten Paser itu.

Karena, menurut Kasrani, program itu selaras dengan program literasi yang dicanangkan oleh Pemerintah Daerah, yang menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia hingga pedesaan.

“GPMB bersama Pemerintah Daerah bisa bersinergi menciptakan dan menggerakkan literasi lewat aneka kegiatan kemandirian dan kreativitas masyarakat yang berdampak pada perbaikan kesejahteraan sehingga terwujud Paser Maju, Adil dan Sejahtera,” ucap Kasrani.

Sementara itu Kepala Desa Pengguren Nijim mengatakan Pemerintah Desa Pengguren sangat mendukung dengan pembentukan GPMB di desa itu.

“Ini akan membantu masyarakat umumnya dan anak-anak sekolah khususnya dalam meningkatkan minat baca mengingat sekarang ini dirasa budaya baca itu semakin kurang, tentunya saya berharap pengurus GPMB Desa Pengguren untuk cepat menyusun program dan melaksanakannya serta selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Desa,” katanya. Foto : Istimewa

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Total Views: 1099 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *