Kominfo Paser Sampaikan Materi Publik Speaking bagi peserta LDKS SMK 3 Tanah Grogot

TANA PASER, MCKabPaser – Pada pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMK 3 Tanah Grogot, para peserta yang merupakan pengurus OSIS baru periode 2021-2022 mengikuti materi publik speaking yang disampaikan Ropii Kasi Media Publik pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser, pada Sabtu malam (27/11/2021)

Public speaking merupakan seni berbicara yang dilakukan secara langsung di depan umum atau sekelompok orang.

Kemampuan public speaking yang dimiliki seseorang, kata Ropii, sangat diperlukan agar bisa menyampaikan gagasan atau ide dengan baik.

“Bagi pengurus OSIS, kemampuan public speaking yang baik, sangat menunjang kepemimpinan dalam berorganisasi, ” katanya.

Bagi public speaker pemula, lanjut dia, ada hambatan psikologis yang sering menghantui, yaitu rasa takut berbicara yang berlebihan.
“Karena itu perlu membangun rasa percaya diri untuk menghilangkan rasa takut itu sebelum berbicara di depan umum,” Jelasnya.

Bagaimana caranya..?

” Yang pertama, tentu menguasai materi yang akan disampaikan, perbanyak referensi untuk memperkaya pengetahuan terkait materi yang akan disampaikan, “katanya.

Selanjutnya adalah sering sering lah berlatih berbicara di depan orang banyak.
” Ketika ada kesempatan berbicara, maka lakukanlah. Bisa karena terbiasa, ” katanya.

Agar materi lebih mengena dan cepat dipahami peserta, pada saat pemaparan itu, Nara sumber menunjuk salah seorang peserta untuk berbicara di depan.

Setelah itu, peserta yang berbicara tadi diminta menyampaikan apa yang menjadi hambatan ketika berbicara untuk kemudian dicarikan pemecahannya.

Kegiatan LDKS ini berlangsung selama tiga hari 26 -28 November 2021. Selama tiga hari mereka mengikuti berbagai kegiatan seperti lomba keterampilan baris berbaris, beribadah bersama, bersih-bersih lingkungan, lomba program kerja (proker), manajemen organisasi, publik speaking, kultum, hingga kegiatan jurit malam.

Pewarta : Adit Editor : Hutja

Total Views: 66 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *