Siswa Belajar di Luar Karena Ruang Kelas Rusak, Disdikbud Segera Lakukan Perbaikan

Tana Paser – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Paser akan memperbaiki kerusakan sejumlah ruang kelas di SDN 008 Batu Engau yang mengakibatkan para siswa di sekolah tersebut belajar di ruang terbuka.

“Kami akan perbaiki ruang kelas tersebut beserta fasilitas penunjang lainnya. Pembangunannya memang sudah dianggarkan tahun ini,” kata Kepala Disdikbud Paser M. Yunus Syam, di Tanah Grogot, Senin (16/01/2023).

Yunus menerangkan ada 8 paket pekerjaan pembangunan untuk SDN 008 Batu Engau, bukan hanya perbaikan ruang kelas, tapi juga untuk pembangunan UKS, ruang guru, dan rumah dinas guru. “Soal berapa anggarannya ada datanya, miliaran biayanya,” ucapnya.

Anggaran pembangunannya, kata Yunus, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 yang digulirkan pemerintah pusat kepada Pemda Paser. Tahun ini, Kabupaten Paser mendapatkan DAK sebesar Rp30 Miliar untuk perbaikan dan pembangunan fasilitas sekolah-sekolah.

Yunus menambahkan, pada tahun 2023 terdapat 10 SD yang mendapat dana tersebut, termasuk SDN 008 Batu Engau. Peruntukkannya untuk perbaikan dan pembangunan fasilitas sekolah.

Terkait siswa SDN 008 Batu Engau yang belajar di ruang terbuka, Yunus memastikan hal itu bukan dikarenakan sekolah itu tidak memiliki ruang kelas.

“Ruang kelasnya ada, tapi bangunannya sudah retak. Ada pergeseran tanah,” ujar Yunus.

Yunus mengakui banyak gedung sekolah di Batu Engau yang mengalami kondisi serupa karena karakteristik tanahnya bergeser.
“Makanya banyak gedung sekolah di Batu Engau yang mengalami keretakan,” kata Yunus.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Total Views: 12 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *