Dinas ketahanan Paser gelar festival lomba cipta menu

TANA PASER, MCKabPaser – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Paser menggelar festival lomba cipta menu berbasis pangan lokal di kantor DKP, Rabu (18/11/2020).

Kepala DKP Paser Taharuddin mengatakan lomba yang diikuti wanita kelompok tani itu untuk menyosialisasikan sosialisasi kepada masyarakat untuk menciptakan konsumsi pangan lokal yang bergizi.

“Lomba festival ini untuk sosialisasi agar masyarakat mengkonsumsi makana yang Bergizi, Beragam, Seimbang dan Aman atau B2SA,” kata Taharuddin.

Selain untuk menciptakan makanan bergizi, lanjut Taharuddin, lomba ini juga untuk mendorong peserta untuk meningkatkan kreativitas dalam mengolah makanan yang bernilai ekonomis.

“Sehingga bisa menjadi pendapatan tambahan bagi keluarga,” ujar Taharuddin.

Dalam lomba ini panitia menghadirkan juri dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM, guru tata boga SMK 4, dan Dinas Kesehatan.

Peserta lomba kata Taharuddin, adalah mereka yang telah mengikuti program pemerintah, yaitu program penanaman pangan pekarangan lestari.

“Karena mereka sudah paham betul pangan lokal. Jadi kita lombakan cipta menu menjadi makanan yang enak, bercita rasa tinggi dan menarik,” ungkap Taharuddin.

Taharuddin menerangkan kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan, dan peserta lomba diantaranya sudah ada yang sukes seperti kelompok tani di Desa Olung Long Ikis yang membuat sirup dari bunga, kripik brazil dari bayam, dan peyek.

“Ada juga UKM Mekar Sari, dengan memanfaatkan bahan olahan dari pekarangan rumah,” ucapnya.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Total Views: 1002 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *