Enam Kelompok Tani di Paser Dapat Bantuan Rp670 Juta

TANA PASER, MCKabPaser –  Sebanyak enam kelompok tani di Kabupaten Paser mendapatkan bantuan sebesar Rp670 juta untuk program Pekarangan  Pangan Lestari (P2L)  dan Pertanian  Keluarga (PK) yang bersumber dari APBN tahun 2020.

“Tahun ini ada enam kelompok penerima bantuan P2L dan PK,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser Taharudin, Selasa (06/10/2020).

Pemerintah kata Taharudin telah menggelontorkan Rp270 juta untuk program P2L dan Rp400 juta untuk progam Pertanian Keluarga.

“Program P2L terbagi menjadi dua bidang. Penumbuhan dan pengembangan,” kata Taharudin.

Taharudin menerangkan terdapat 4 Kelompok yang menerima bantuan P2L bidang penumbuhan dan 2 kelompok menerima bantuan P2L bidang pengembangan.

“Untuk bidang penumbuhan, setiap kelompok menerima Rp60 juta. Untuk bidang pengembangan, setiap kelompok menerima Rp15 juta,” ujar Taharudin.

Taharuddin menambahkan dua kelompok tani mendapatkan bantuan program Pertanian Keluarga, masing-masing kelompok mendapatkan Rp200 Juta.

keenam kelompok tani penerima bantuan P2L berasal dari berbagai desa yaitu 1 lelompok tani di Desa Muser Kecamatan Muara Samu, 1  kelompok di Desa Padang Jaya Kecamatan Kuaro, 2 kelompok di Desa Bente Tualan Kecamatan Long kali dan 1 kelompok di  Desa Olung Kecamatan Long Ikis ,1 di Desa Tajur Kecamatan Long Ikis.

Sedangkan untuk kelompok tani penerima bantuan program Pertanian Keluarga ada di Kecamatan Tanah Grogot dan Kecamatan Batu Engau.

Saat ini sebagian dari kelompok penerima bantuan yang tersebar di beberapa desa itu telah secara mandiri menyediakan kebutuhan pangan dan pertanian.

Kaharudin menilai bantuan ini diberikan bertujuan untuk membantu petani yang terdampak Covid-19 sekaligus menuntaskan persoalan rawan pangan di desa tersebut.

Ia berharap penerima bantuan dapat mengembangkan program yang telah dicanangkan sehingga menjadi nilai tambah bagi pendapatan keluarga petani.

Total Views: 46 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *