Sebanyak 5000 Sapi di Paser Telah Divaksin PMK

Tana Paser – Sekitar 5000 ekor sapi di Kabupaten Paser telah diberikan vaksin guna mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kaki (PMK).

“Saat ini sudah sekitar 5000 ternak divaksin,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Joko Bawono melalui Kabid Kesehatan Hewan Kesmavet Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Paser, drh. Al-Habib, di Tanah Grogot, Rabu (12/10).

Al-Habib mengatkaan kegiatan vaksinasi ini terus berkesinambungan hingga setiap sapi di Kabupaten Paser tuntas mendapatkan vaksin hingga tahap booster.

Secara keseluruhan dari vaksin yang diberi Kementerian Pertanian (Kementan), katanya, saat ini realisasi penyuntikan sudah delapan puluh persen.

“Sudah delapan puluh persen dosis disuntikan,” ucapnya.

Dalam rangka mencegah PMK, Idealnya, seluruh sapi diberikan vaksin. Dari populasi sapi sebanyak 21 ribu, berarti saat ini vaksinasi di Paser baru 25 persen.

“Kami terus merealisasikan target paling tidak 80 persen, ya bagusnya 100 persen divaksin,” tutur Al-Habib.

Kegiatan vaksinasi di Kabupaten Paser, menurut dia, tidak semudah seperti di daerah lain yang terna-ternaknya terkonsentrasi dalam satu tempat atau kandang.

Di Paser, kebanyakan sapi tersebar di kebun-kebun sawit sehingga menyulitkan petugas untuk memberikan vaksin. Apalagi jumlah petugas terbatas sehingga tidak bisa mencakup ribuan sapi tersebut.

“Disbunak terus memberikan pemahaman kepada petani karena tidak semua petani mau sapinya divaksin,” katanya.

Disamping kegiatan vaksinasi, Disbunak Paser juga masih melakukan pemantauan lalu lintas distribusi ternak guna mencegah PMK.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *