BNK Paser Lakukan Tes Urine di 3 Perangkat Daerah, Sejumlah Pegawai Terindikasi Positif

TANA PASER, MCKabPaser – Menindaklanjuti Program kerja Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN – PN) BNK Paser yang di fasilitasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Wakil Bupati (Wabup) Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf selaku Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) bersama jajaran BNK Paser melakukan inspeksi mendadak untuk melakukan tes urine bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disporapar), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kamis (02/06/2022)

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari tes urine sebelumnya yang di laksanakan pada pagawai Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU), selasa lalu (31/05/2022)

Wabup Paser yang juga ketua BNK Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf pada sidak kali ini didampingi oleh Polres Paser Kompol Irawan Setyono, Kepala Kesbangpol Paser Nonding serta Perwakilan Satpol – PP.

Wakil Bupati (Wabup) Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf mengatakan sidak ini dilakukan atas instruksi Bupati Nomor 9 Tahun 2022.

Dalam sidak kali ini Masitah menjelaskan pihaknya telah berdiskusi kepada Kepala Dinas yang bersangkutan untuk mengecek tempat kerja atau tubuh langsung untuk yang membawa narkotika akan diserahkan ke pihak kepolisian untuk diperiksa secara hukum.

Dalam sidak pada 3 opd hari ini telah ditemukannya beberapa pegawai yang dinyatakan positif.

Masitah mengatakan mereka akan diselidiki lagi secara mendalam, apakah positif karena konsumsi obat-obatan, amfetamin (obat stimulan sistem saraf pusat) atau mengkonsumsi narkotika.

“Mereka sudah dinyatakan positif, tinggal digali lagi secara mendalam,” terang Masitah.

Masitah menjelaskan dalam tes urine kali ini tidak memasukkan ASN atau PTT perempuan karena banyak pertimbangan.

“Jika mereka ada indikasi tertentu atau di rekomendasikan oleh Kepala Dinas maka akan diperiksa,” kata Masitah.

Selanjutnya setelah selesai melakukan tes urine pada pegawai Pemerintah Kabupaten Paser, Masitah berencana akan sidak tes urine ke masyarakat umum dan siswa-siswi sekolah.

Polres Paser Kompol Irawan Setyono mengatakan dengan sidak ini diharapkan Pemkab Paser bebas dari narkotika.

“Beberapa pegawai ditemukan terpengaruh obat lain, seperti obat kesehatan,” jelas Kompol Irawan Setyono.

Kompol Irawan Setyono mengatakan pihaknya langsung menindaklanjuti, untuk hasilnya akan diberikan ke Satgas Narkoba untuk pendalaman jika termasuk jenis narkotika.

Ia menambahkan Perkara narkoba ini, bila ditemukan barang bukti sebanyak satu gram, panjang langkah kedepan.

“Ada proses seperti pengaduan perkara,” tutup Irawan.

(Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *