Cegah Antrian Pembesuk Rutan Paser Terapkan Metode Baru

TANA PASER, MCKabPaser – Kepala Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIb Tanah Grogot Kabupaten Paser Dawai mengatakan pihaknya telah menerapkan metode baru untuk mencegah terjadinya antrian saat jam besuk.

Dawa’i mengatakan untuk mencegah antrian pembesuk Rutan Tanah Grogot telah menerapkan Sistem Informasi Terpadu Rutan Tanah Grogot (Sistertaro), sebuah aplikasi layanan publik berbasis Whatsapp.

“Dengan aplikasi ini pengunjung sudah terdaftar, jadi tidak perlu lama menunggu,” kata Dawa’i, Selasa (27/10/2020).

Dawa’i menjelaskan dengan menghubungi nomor 081256242277 di aplikasi Whatsapp, masyarakat akan mendapatkan nomor antrian kunjungan.

“Setelah mendaftar pembesuk akan dapat nomor antrian,” ucap Dawa’i.

Sebelumnya kata Dawa’i Rutan Tanah Grogot menerapkan antrian manual untuk para pembesuk.

Namun saat ini sistem itu sudah dirubah dengan Sistem Antrian Tombol (Satrio).

“Dengan tombol ini pengunjung tidak perlu menunggu petugas memberikan kartu antrian, nanti tinggal menakan tombol, lalu dipanggil dengan pengeras suara,” jelas Dawa’i.

Selain layanan Sistertaro dan layanan Satrio, Rutan Tanah Grogot juga telah meluncurkan layanan Dashboard Kumham Update, untuk menampilkan berbagai macam informasi kegiatan Kemenkumham.

Kemudian ada layanan Nanoputo, sebuah kedai yang berada di lingkungan Rutan yang diperuntukkan warga binaan maupun petugas rutan.

“Pengelola kedai warga binaan rutan. Pembayarannya menggunakan uang elektronik berupa Kartu BRIZZI. karena rumah tahanan ini sepenuhnya bebas dari peredaran uang,” tegas Dawa’i.

Pewarta : Adhitia, Editor : Hutja Prasetya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *