Sekda Paser Tinjau BPP Tanah Grogot, Akan Dijadikan Wisata Berbasis Agro Ekologis

Tana Paser, McKabPaser- Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya meninjau Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Tanah Grogot yang terletak di Desa Tepian Batang.ini, Jum’at (4 /3/2022).

Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat secara dekat rencana Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) untuk menjadikan BPP Tanah Grogot sebagai BPP Model Agro edu wisata.

Menurut Kepala DTPH Kabupaten Paser Dinas Dr. Erwan Wahyudi BPP ini selain berfungsi sebagai pusat pembelajaran bagi para penyuluh lapangan juga dapat menjadi tujuan wisata berbasis agro ekologis.

“Para pengunjung dapat berwisata sekaligus belajar tentang budidaya pertanian baik teknik bertanam padi di sawah maupun mengenal berbagai jenis tanaman hortikultura, ” Kata Erwan yang didampingi Koordinator BPP Tanah Grogot Ida Royanik.

Menurut Erwan, lahan yang akan dikembangkan seluas lebih dari 3 Ha, dengan luasan lahan sawah sekitar 2 Ha. Dalam perencanaannya, lanjut Erwan berbagai fasilitas pendukung akan dibangun di kawasan ini, seperti : gazebo, jembatan titian kayu, lantai jemur, rumah kaca, dan berbagai spot menarik untu ber swafoto.

“Pengunjung juga dapat melihat secara dekat bagaimana proses budidaya tanaman padi sawah dan aneka ikan yang terdapat di kolam-kolam, ” katanya.Sementara itu Sekda Paser Katsul Wijaya mengapresiasi dan menyambut dengan baik rencana tersebut.

“Namun, yang perlu diperhatikan adalah agar konsep ini dapat dimatangkan lebih lanjut melalui forum diskusi lanjutan. Serta pihak pengelola BPP diharapkan lebih meningkatkan dan memaksimalkan lahan budidaya sebagai wadah meningkatkan kualitas penyuluh, ” Kata Katsul.

Pada kesempatan peninjauan ini, ikut mendampingi Sekda diantaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Achmad Safari, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Muksin, Sekcam Tanah Grogot, Sekdes Tepian Batang, perwakilan Bappeda litbang dan Dinas PMD serta penyuluh se-kecamatan Tanah Grogot.

Pewarta : Hutja editor : Ropii

Total Views: 27 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *