Padepokan Ilalang Persembahkan Lakon ‘Calon Arang’

Tana Paser – Dewan Kesenian Kabupaten Paser bekerja sama dengan Teater Padepokan Ilalang dan didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Paser mempersembahkan sebuah pertunjukan drama dengan judul Calon Arang, yang di sutradarai dan ditulis oleh Seniman teater kawakan jebolan Institut seni Indonesia Yogyakarta Suwanto,S.Sn, M.Pd. atau yang akrab disapa dengan panggilan Kang Sastro.

Pertunjukan yang dikolaborasikan dengan sanggar tari Nyerua taka pimpinan Irma Erpiana,S.Sn., dipentaskan dengan Apik dan Spektakuler di Taman Promosi Putri Petung Kabupaten Paser, dalam rangka Festifal Paser MAS Gemilang yang merupakan program tahunan Dewan Kesenian Kabupaten Paser pada jum’at 8 maret 2024 pukul 22.00-01.00 Wita, walaupun waktunya mundur dari jadwal semula yang seharusnya di jadwalkan pada pukul 20.30 wita, Namun tetap tampil dengan prima.

“Kendati di guyur hujan deras namun titak mengurangi semangat dan juga akting dari para aktor dan Aktris padepokan Ilalang, penonton fanatikpun rela hujan hujanan demi menikmati penyajian spektakuler dari kelompok teater Padepokan Ilalang,” ujar Fachroel Hadi Ketua Panitia Panitia penyelenggara Festifal Paser MAS Gemilang.

“Mudah-mudahan yang menonton mendapat manfaat, tidak hanya terhibur tetapi dapat memberikan inspirasi terhadap teater di Paser,” harap Ki Hamid Asmoro seorang Guru di SMA unggulan Kabupaten Paser sekaligus pemeran Raja Airlangga.

Disisi lain, kepala Bidang Kebudayaan dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Paser Surpiani, SE mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggara pementasan Calon Arang oleh Teater Padepokan Ilalang.

Kata Surpiani, Teater Ilalang telah menjadi nadi Teater di Paser, Teater Ilalang hingga saat ini masih terus dapat berkiprah dalam pagelaran seni Teater di Paser.

Di sisi lain Sukarmadi selaku seniman Teater senior sekaligus Supervisor Garapan Naskah Calon Arang ini berpendapat “Lakon Calon Arang banyak memberikan pesan etika dan moral bagi kita semua, diantaranya jadilah orang baik dengan keberanian, kejujuran, dan kerja keras, jangan jadi orang Jahat karena kejahatan akan akan merugikan banyak orang termasuk diri sendiri ” sebutnya .

Tidak hanya itu, inspirasi berkarya Teater Ilalang menjadi rujukan untuk dunia seni teater di Paser yang mendorong penyebarluasan budaya dengan kreasi modern. Karmadi berharap, segala karya seni Teater Ilalang menjadi cakrawala insan seni teater lainnya.

“Semua alur cerita Calon Arang karya Teater Ilalang menonjolkan kearifan lokal dan kekayaan budaya Indonesia. Lakon Calon Arang garapan Tetaer Ilalang mampu terus beradaptasi dengan perkembangan zaman, tanpa meninggalkan identitas budaya,” harap Sukarmadi.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Kesenian Kabupaten Paser H. Hendra Wahyudi, S.T. juga memberikan tanggapannya dalam pertunjukan ini. Kali ini, kata H. Hendra Wahyudi, S.T. saya ambil pelajaran dari pementasan teater tadi malam, karena tempatnya di luar ruangan atau area terbuka maka ketika ada hujan dan angin yang cukup kencang mengakibatkan kendala teknis yang sangat banyak, “untuk itu saya berharap pemerintah bisa memberikan fasilitas untuk berkegiatan seni dengan wujud gedung Kesenian.

“Ini menjadi PR bagi Dewan Kesenian Kabupaten Paser untuk mengusulkan dengan serius Gedung kesenian, di dunia seni, Paser sudah mampu bersaing dengan Nasional dibuktikan dengan beberapa lomba cabang seni di tingkat sekolah maupun umum kita sudah banyak mengukir prestasi di Nasional, apalagi kita adalah daerah penyangga IKN, kita harus siap menjadi garda terdepan pembangunan daerah lewat Kesenian.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *