Putri Pariwisata Dan Duta Wisata, Sebagai Agen Perubahan Majukan Pariwisata Di Paser

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menggelar grand final pemilihan putri pariwisata dan Duta wisata tingkat kabupaten tahun 2022, di Gedung Awa Mangkuruku, Sabtu (26/6/2022) malam.

Dalam gelaran grand final tersebut, Aulia Wulandari dari Pasir Belengkong tampil sebagai juara Putri Pariwisata,  sementara Yufan Libo Long Ikis, Rafha Fanadilah Kecamatan Tanah Grogot, terpilih sebagai Duta Wisata, dalam kompetisi yang diikuti 17 orang peserta, terdiri dari sepuluh puteri dan tujuh putera.

Kepala Disporapar Muksin mengatakan, event ini digelar bertujuan untuk melestarikan budaya daerah sekaligus menggali potensi bakat, kreativitas, kecerdasan para generasi muda untuk menjadi figur atau icon yang dapat berperan dalam mempromosikan objek-objek wisata daerah sebagai destinasi bagi wisatawan di Kabupaten Paser.

“Yang terpilih pada grand final malam ini, nanti akan kita kirim ke Provinsi mewakili Kabupaten Paser untuk berkompetisi pada pemilihan duta wisata Kalimantan Timur,” kata Muksin.

Melalui kegiatan ini lanjut Muksin, diharapkan dapat memberikan ruang kepada para remaja atau pemuda pemudi yang memiliki potensi, bakat, dan kompetensi, untuk bersama-sama membangun dunia kepariwisataan di daerah atas dasar nilai’nilai budaya dan kearifan lokal yang dimiliki.

Untuk itu kata Dia,Putri Pariwisata dan Duta Wisata terpilih diharapkan menjadi perpanjangan tangan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Paser untuk berperan sebagai Agen Perubahan dalam mendukung pembangunan dan memajukan pariwisata daerah dalam rangka mewujudkan PASER MAS.

“Dengan adanya event ini nantinya mereka akan dijadikan icon untuk memasarkan dan mempromosikan potensi objek wisata di Kabupaten Paser,” jelasnya.

Muksin menuturkan, bahwa Paser memiliki lebih dari 120 objek wisata potensial, dan pihaknya telah menetapkan lima kawasan wisata startegis yang diproyeksikan akan selesai pada 2024.

Hadir dalam acara tersebut Asisten Kesejahteraan Rakyat Romif Erwinadi mewakil Bupati Paser, Ketua TP PKK Kabupaten Paser Sinta Fahmi Fadli, S.AP, Kepala Dinas Kominfostaper Ina Rosana, Unsur Forkopimda, Anggota DPRD Kabupaten Paser serta undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Asisten Kesra Romif Erwinadi mengatakan, Pemkab Paser memberikan Apresiasi kepada Disporapar Paser, karena sudah menjadi jembatan pemerintah dan masyarakat untuk melestarikan budaya Paser, dengan menggelar event ini.

“Finalis yang terpilih malam ini diharapkan dapat mempromosikan pariwisata ke mancanegara melalui pesona dan kecerdasan yang dimiliki,’ ujar Romif.

Adapun dewan juri pada grand final pemilihan Puteri pariwisata dan duta wisata tingkat Kabupaten Paser tahun 2022 malam ini diantaranya, Ketua PKK Paser Sinta Fahmi Fadli, Rudy Nuriansyah, Bambang Abdul Khaliq, Ika Marsilia, Bayu Berry Andrian serta dewan juri lainnya.

(Tim Media Center Diskominfostaper Kabupaten Paser).

Total Views: 18 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.