Terbaik 5 Nasional, Desa Olung Terima Penghargaan Kampung KB dari BKKBN

Tana Paser – Kepala Desa Olung Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser Halimi Firdausi menerima penghargaan dari Kementerian Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas prestasi yang diraih desanya sebagai lima desa terbaik pada lomba kampung keluarga berkualitas tingkat nasional.

Penghargaan tersebut diterima Halimi di Kota Medan kemarin, Rabu 6 Juli 2022.

“Kampung KB Olung meraih juara harapan dua,” kata Halimi, Kamis (07/07/2022).

Halimi menerangkan, sebagai kampung KB, Desa Olung dituntut dapat mengatasi persoalan kependudukan dan gizi buruk atau stunting.

“Terkait hal itu, pemerintah pusat siap menggelontorkan anggaran untuk program KB dan penanganan stunting,” ujar Halimi.

Menurut Halimi, diperlukan kerjasama lintas sektor dalam penanganan stunting.

“Tinggal bagaimana Pemda Paser dan Pemprov Kaltim bersinergi mengatasi persoalan kependudukan dan stunting, dalam hal ini terkait menjemput anggaran dari pemerintah pusat,” ungkapnya.

Pemerintah Desa Olung, kata Halimi, telah mengalokasikan anggaran 20 persen dari dana desa untuk ketahanan pangan dalam rangka mencegah terjadinya stunting di desa tersebut.

Lanjut dia, dalam mengatasi stunting, Desa Olung berencana membuat dapur umum yang ia sebut ‘dapur dahsyat’.

“Dapur itu nantinya akan dikelola kelompok wanita tani, tujuannya untuk memenuhi pangan balita yang memerlukan gizi yang cukup,” ucap Halimi.

Diketahui, Kampung KB Olung menerima penghargaan yang juga diterima perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah, Riau, Banten, dan Yogyakarta

Menanggapi hal itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Paser, Amir Faisol mengatakan, penghargaan yang diterima Kampung KB Olung Lestari tersebut cukup membanggakan bagi Pemda Paser yang telah melakukan pembinaan keluarga di kampung tersebut.

“Semoga keluarga di kampung KB Olung Lestari bisa menjadi keluarga sejahtera yang bisa menjalankan fungsinya secara optimal,” ucap Amir.

Keterangan Foto : Kepala Desa Olung Halimi Firdausi (paling kanan) saat menerima penghargaan dari BKKBN

Pewarta: Hutja, Editor: Hutja

Total Views: 27 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *