Hadiri Pembukaan Raida Kaltim 2023, Masitah : Raida Akan Membentuk Pengembangan Mental, Fisik dan Sosial Anggota Pramuka

Samarinda, McKabPaser – Wakil Bupati (Wabup) Paser sekaligus Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf menghadiri Upacara Pembukaan Raimuna Tingkat Daerah (Raida) Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka Bebaya, Kecamatan Palaran Kota Samarinda, Senin (20/11/2023).

Kegiatan ini mengambil tema “Bersama Etam Kuat dan Hebat!” yang disingkat Berakat. Raimuna Tingkat Daerah Kalimantan Timur ini berlangsung dari tanggal 19 hingga 25 November 2023.

Upacara Pembukaan Raida 2023 dipimpin oleh Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik, dan dihadiri unsur Forkopimda Provinsi Kaltim, Kwarda Kaltim, Kwarda Kabupaten/ Kota se – Kaltim, Kwarcab Kabupaten/Kota se – Kaltim, dan peserta Pramuka Penegak-Pandega.

Raimuna Daerah (Raida) Kaltim tahun 2023 diikuti sebanyak 583 peserta. Terdiri dari peserta perwakilan Kwartir Cabang (Kwarcab) kabupaten/kota se – Kaltim, para pembina dan pengurus kontingen.

PJ Gubernur Kalimantan Timur(Kaltim) yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah Tunas Gerakan Pramuka Kaltim Akmal Malik mengucapkan selamat atas dilaksanakan Raida Kaltim tahun 2023 dan mengapresiasi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kaltim yang aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan kepramukaan.

“Atas nama Pemerintah Provinsi sekaligus Majelis Pembina Daerah (Mabida), kami mengucapkan selamat atas pelaksanaan Raimuna Daerah Tahun 2023, semoga lancar dan mencapai hasil yang baik,” Ucap Akmal.

Akmal Malik menjelaskan kegiatan pramuka seperti ini dapat meningkatkan solidaritas antar anggota, serta mewariskan kepribadian yang berkarakter dengan jiwa kepemimpinan, empati, kepedulian, dan semangat gotong royong yang tinggi.

“Dari karakter itu diharapkan para peserta dapat menerapkan kegiatan yang bernilai positif,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf menjelaskan raimuna daerah ini adalah kegiatan yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali yang sangat ditunggu para anggota pramuka di Kabupaten Paser.

“Sebanyak 37 peserta dan 8 pendamping dari Kwarcab Pramuka Kabupaten Paser mengikuti Raida Kaltim tahun 2023 ini,” Kata Masitah.

Raida sendiri dilaksanakan dalam bentuk perkemahan yang diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari kegiatan berkelompok, aktivitas menantang di alam terbuka, dan berbagai kompetisi lainnya.

“Acara raida sendiri akan ada pengembangan mental, fisik, spritual, budaya, intelektual, sosial anggota pramuka,” kata Masitah.

Masitah harap setelah melakukan kegiatan ini para peserta mendapatkan wawasan pengetahuan sebagai bentuk meningkatkan kepercayaan diri dan turut serta membangun masyarakat kabupaten Paser kedepan.

Perkenalkan juga bahwa Kabupaten Paser sebagai penyanggah Ibu Kota Negara (IKN), mitra IKN sekaligus memperkenalkan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Paser.

“Semoga saat kembali, para peserta raida memperoleh kepercayaan diri dan lebih aktif dalam kegiatan pembangunan di Kabupaten Paser,” tutup Masitah.

Media Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *