Asisten Pemkes Buka Lomba Antenna Tracking Contest Paser 2022

TANA PASER, MCKabPaser – Mewakili Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Paser Romif Erwinadi membuka perlombaan “Antenna Tracking Contest Paser 2022”, di Stadion Paser Km.5, Sabtu (12/03/2002).

Antenna tracker yaitu suatu sistem yang di gunakan untuk menggerakan antenna directional agar memperoleh sinyal terkuat.

Ketua panitia Antenna Tracking Contest 2022, Poniran menerangkan perlombaan ini bertujuan untuk mengecek daya pancar suatu antena. Daya pancar ini kata Poniran untuk bantuan komunikasi seperti terjadi Bencana alam.

Ia mengatakan Peserta lomba yang berasal dari berbagai daerah seperti Balikpapan dan Pulau Jawa ini sangat antusias mengikuti lomba tersebut.

“Mereka sangat antusias untuk mengetahui hasil eksperimen mereka,” kata Poniran.

Dalam perlombaan ini kata Poniran watt untuk radio disamakan berdaya 20 watt.

“Bedanya terdapat di daya pancar, melalui tiang antena,” ungkap Poniran.

Dari antena yang akan dilombakan, antena yang dicoba akan di sesuaikan dengan alat yang sederhana.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Romif Erwinadi mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser mendukung kegiatan ini demi membantu program-program pemerintah.

“Jaringan komunikasi ini sangat dibutuhkan untuk keadaan bencana alam seperti banjir, dan lainnya,” kata Romif.

Romif menjelaskan di Kabupaten Paser ada beberapa desa yang sulit untuk komunikasi saat terjadi bencana alam.

“Karena itu Desa perlu melengkapi seperti jaringan radio agar mudah kordinasinya, 15 Desa akan direncanakan untuk dapat jaringan radio” kata Romif.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Paser Romif Erwinadi meminta Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) untuk mempersiapkan jaringan radio selama menunggu BTS.

“Dana dibutuhkan sebanyak 5-10 juta dan dapat kita siapkan,” ujar Romif.

Romif berharap dengan di gelarnya perlombaan ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan Pemkab Paser akan melakukan pembinaan lanjutan untuk para peserta.

“Setelahnya akan ada pembinaan dari bidang teknis,” kata Romif.

Turut hadir pada perlombaan kali ini Sekretaris Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser Muhammad Erwin, Ketua ORARI dan Ketua RAPI. (Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *