BINDA KALTIM Sasar Vaksinasi Untuk Masyarakat Desa Muara Pasir

TANA PASER, MCKabPaser- Badan Intelejen Negara Daerah (BINDA) Provinsi Kalimantan Timur (KALTIM) bekerjasam dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Paser melakukan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Desa Muara Pasir Kecamatan Tanah Grogot, Sabtu (11/12/2021). Vaksinasi dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 006.

Kordinator BINDA Kaltim perwakilan Kabupaten Paser, Erick Dachlan mengatakan pihkanya berusaha jemput bola dengan mendatangi ke desa-desa.

“Mengingat jarak tempuh Desa Muara Paser ke Puskesmas Senaken terlalu jauh, kami menggunakan perahu,” kata Erick Dachlan. Perjalanan dari Tanah Grogot ke Desa Muara Pasir menggunakan kapal. Perjalanan dimulai pukul 7.41 dari puskesmas, dan sekitar pukul 08.00 dari dermaga Tanah Grogot.

Tujuan Vaksinasi ini kata Erick untuk membantu pemerintah Kabupaten Paser untuk mendukung program cangkupan vaksinasi nasional.Ia menambahkan BINDA Kaltim pada tanggal 13 hingga 17 Desember 2021 akan melaksanakan vaksinasi di Kecamatan Puskesmas Long Kali, Puskesmas Mendik, Puskesmas Sebakoeng Taka, dan Puskesmas Muara Telake.

Target vaksinasi Binda Kaltim di bulan Desember tahun ini mencapai 2000 dosis disalurkan untuk masyarakat Kabupaten Paser.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paser, dr. I Dewa Made Sudarsana mengatakan ini vaksinasi tahap pertama yang dilaksanakan bagi masyarakat Desa Muara Pasir.

dr. I Dewa Made mengatakan target vaksin untuk 300 dosis. Sampai siang ini kata Dewa sekitar 265 dosis telah tercapai.dr. I Dewa Made menjelaskan Dinkes membawa 500 dosis di desa ini.Ia menjelaskan saat ni capaian vaksinasi di Kabupaten Paser hingga 61 persen.dr. I Dewa Made mengakui cangkupan vaksinasi di Paser belum tinggi, masih kurang 9 persen.

“Target akhir tahun 70 persen,” ujarnya.Agar vaksinasi meningkat Dinkes bekerjasama dengan TNI, Polres, termasuk organisasi keagamaan. Sejauh ini mengalami peningkatan.”Hari ini kita siapkan hadiah untuk masyarakat yang sulit dijangkau, hingga minta mereka bertambah,” kata Salah satu masyarakat Desa Muara Pasir, Noor Jannah (50) mendukung program vaksinasi ini.

“Kami mendukung kegiatan vaksinasi ini,” kata Jannah.Ia berharap dengan vaksinasi ini masyarakat Desa Muara Pasir tercegah dari penyebaran Covid-19.”Semoga masyarakat kampung sini bebas dari penyakit itu,” kata Jannah.

Vaksinasi ini merupakan kali kedelapan yang dilakukan BINDA Kaltim di Kabupaten Paser. Sebelumnya pada 5 Juli 2021BINDA Kaltim telah melakukan vaksinasi dosis pertama terhadap 500 warga Desa Tapis, dan dilanjutkan vaksinasi dosis kedua pada 23 Agustus 2021 di Desa tersebut.Pada 23 September 2021 BINDA Kaltim melakukan. vaksinasi dosis pertama pada 2000 warga Desa Senaken.

Pewarta : Adhitia, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *