Buka Bimtek Tahap IV, Bupati Paser Tanda Tangani komitmen bersama menuju Smart City

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli melakukan penandatanganan komitmen bersama menuju Kabupaten Paser smart city, sekaligus membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap IV penyusunan Master Plan Smart City di Pendopo, Senin (22/11/2021).

Penandatanganan komitmen ini dilakukan Bupati Fahmi bersama dengan Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sejumlah kepala perangkat daerah dan para camat se-Kabupaten Paser.

Diketahui Kabupaten Paser telah terpilih sebagai salah satu daerah percontohan atas implementasi smart city bagi kabupaten/kota lainnya dalam gerakan menuju 100 kota smart city.

“Pemerintah Kabupaten Paser selalu berkomitmen dan mendukung pelaksanaan program smart city dengan sungguh-sungguh,” kata Bupati Paser dr. Fahmi Fadli.

Oleh karena itu ia berterima kasih kepada Dewan Smart City dan tim teknis pelaksana yang sampai saat ini terus bekerja, karena telah bersama-sama berusaha mengimplementasikan smart city di Kabupaten Paser maupun sebagai kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Baru.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini, saya harap tidak berhenti di master plan saja akan tetapi bisa diterapkan” kata dr. Fahmi Fadli.

Bupati Fahmi juga mengharapkan program Smart City ini dapat menjadi solusi terhadap berbagai permasalahan daerah.

Tenaga ahli penyusunan master plan smart city Dr. Lukito Edi Nugroho mengatakan bimtek tahap keempat ini adalah rangkuman untuk memberikan atau memastikan dukungan pemangku jabatan dan para perangkat daerah terhadap apa yang sudah lakukan.

“Ketika kita punya Master Plan Smart City, dukungan inilah menjadi pengikat kita untuk betul-betul menjalankan apa yang sudah disusun dalam penyusunan master plan smart city,” kata Lukito.

Ia menambahkan tujuan dari bimtek tahap empat adalah untuk memastikan bahwa dokumen master plan yang sudah diusulkan benar-benar sudah setujui untuk diimplementasikan.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Paser Ina Rosana menjelaskan bahwa tahap selanjutnya akan disusun buku-buku dari setiap tahapan penyusunan master plan smart city.

“Buku 1 dan 2 sudah diserahkan kepada Kementrian Kominfo, buku 3 dan 4 masih dalam proses finalisasi, dan yang eksekutif summary akan dikirim ke Kementrian Kominfo juga yang selanjutnya akan dievaluasi,” jelas Ina.

Buku-buku yang dimaksud diantaranya buku analisis strategi mengenai potensi-potensi yang ada di Paser dalam rangka menerapkan Smart City dan rencana aksi rangkuman usulan Organisasi Perangkat Daerah.

“Dan yang ketiga quik win yaitu program cepat yang bisa diaplikasikan, keempat eksekutif summary yaitu rangkuman seluruh perencanaan dan yang kelima kawasan IKN,” tutup Ina.

Pewarta: Asmaul, Editor: Hutja

Total Views: 31 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *