Desa Songka dan Janju Ditetapkan Sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Tana Paser, McKabPaser- Desa Songka dan Desa Janju terpilih sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) Kabupaten Paser oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI.

Keterpilihan ini berdasarkan keputusan Menteri PPPA No.70 tentang penetapan Kabupaten/Kota Wilayah Model Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

“Kabupaten Paser bersama Kabupaten Berau menjadi bagian dari 67 Kabupaten yang ditetapkan sebagai DRPPA, ” kata Kadis DP2KBP3A Kabupaten Paser, Amir Faisol yang didampingi Kabid PUG dan PP Kasrani, Senin (7/2/2022).

Desa Songka berada di Kecamatan Batu Sopang dan Desa Janju Berada di Kecamatan Tanah Grogot. Dengan ditetapkannya sebagai DRPPA, maka kedua desa tersebut harus mengintegrasikan perspektif gender dan ramah anak di setiap tata kelola pemerintahan dan pembangunan.

“Tentunya pembangunan tersebut harus dilakukan secara terencana dan berkelanjutan, ” Jelas Kasrani.

Menurut dia, ada sepuluh indikator untuk mewujudkan desa ramah perempuan dan peduli anak.”Untuk mewujudkan DRPPA tidak hanya menjadi tanggung jawab desa saja, namun harus dibangun sinergitas dan kolaborasi bersama-sama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama maupun relawan-relawan,” katanya.

Untuk memfasilitasi DRPPA ini, tambah Kasrani telah disiapkan empat orang fasilitator dari DPPKBP3A yang sebelumnya telah mengikuti bimtek Fasilitator DRPPA.

Untuk terwujudnya model DRPPA ini, lanjut Kasrani, perlu didukung organisasi perangkat daerah lainnya.

“Kami berharap setiap OPD dapat bersinergi dan berkolaborasi bersama-sama mancari solusi terbaik disetiap indikatornya sehingga tercipta model DRPPA yang ideal sehingga dapat direplikasi di seluruh wilayah Kabupaten Paser,” Jelasnya.

Dijelaskan Kasrani yang juga salah satu fasilitator daerah, desa harus memberikan rasa aman dan nyaman khususnya perempuan dan anak, dengan memenuhi hak atas perlindungan dari bentuk kekerasan dan diskrimasi, serta tersedianya sarana dan prasarana yang ramah perempuan dan anak.

“Saya memiliki harapan melalui Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) akan mampu meningkatkan IPG dan IDG Kabupaten Paser sehingga Kabupaten Paser menjadi Kabupaten Responsif Gender menuju tujuan utama pembangunan yaitu Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera), ” katanya.

Pewarta : Hutja Editor : Ropii

Total Views: 48 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *