Distapang Paser Gelar Gerakan Pangan Murah di Kecamatan

Tana Paser – Dalam rangka stabilisasi harga, Dinas Ketahanan Pangan (Distapang) Kabupaten Paser menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di kecamatan-kecamatan.

“Kami tindaklanjut kegiatan GPM di tingkat nasional yang dilakukan secara mandiri dan rutin selama satu tahun mulai dari kecamatan-kecamatan,” kata Kepala Distapang Paser, Taharuddin, Senin (29/1).

Kegiatan GPM tahun 2024 dimulai di di pasar Benuo Kecamatan Pasir Belengkong, Minggu (28/1).

Setelah itu berlanjut pada Selasa 30 Januari di pasar Selasa (pagi) Kecamatan Long Kali. Pada Rabu 31 Januari di pasar Rabu Long Ikis, Kamis 1 Februari di pasar Kamis Batu Sopang, dan Jumat 2 Februari pasar Jumat Muara Samu, serta Sabtu 3 Februari pasar Sabtu Kuaro.

Pada hari Minggu 4 Februari GPM digelar Car Free Day dan Outlet Pangan Paser. Selanjutnya pada Rabu 7 Februari di pasar Kerang Batu Engau, dan pada Selasa 13 Februari di halaman kantor lurah Muara Komam, serta pada Kamis 15 Februari di pasar Kamis pagi Desa Lori.

Ditargetkan pada tahun 2024, Distapang Paser akan melakukan kegiatan GPM sebanyak 75 kali di beberapa tempat di 10 kecamatan, dalam rangka menjaga stabilitas kebutuhan pokok.

GPM digelar dalam rangka menekan terjadinya inflasi dan menjaga stabilisasi harga. Pada tahun 2023 kegitan tersebut digelar saat hari besar nasional di mana pada saat itu kemungkinan terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok.

“Dalam pelaksanaannya Pemerintah Daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan juga mendorong pihak swasta-Perusahaan, Organisasi Profesi dan Masyarakat, UMKM Pangan secara teroganisir melakukan kegiatan yang sama secara masif di Kabupaten Paser hingga pelosok pedesaan,” ucap Taharuddin.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan pangan strategis sekaligus menyediakan bahan pangan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat.

“GPM juga bisa mendorong pelaku usaha kecil pangan untuk percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ucap Taharuddin.

Dalam kegiatan GPM, Distapang Paser menyajikan kebutuhan dengan harga lebih murah dari harga pasar seperti beras SPHP, Beras kualitas premium, Minyak Kita, minyak Goreng Camar, Raja Gula, Bawang merah , Bawang putih , telur, daging sapi beku, daging kerbau beku, daging ayam beku (Karkas) dan produk olahan daging, ayam dan ikan.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *