Dorong Partisipasi Masyarakat, BPS Paser Sosialisasi Sensus Penduduk Berbasis Online

TANA PASER, MCKabPaser – Guna mendorong partisipasi masyarakat melalui Sensus Penduduk Online, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Paser sosialisasikan Sensus Penduduk berbasis online (SPO) tahun 2020 di ruang rapat Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser, Senin (10/2).

Dihadiri Kepala DKISP Paser Ahmad Zulfian, Sekretaris DKISP Paser Joko Bawono dan Sejumlah pejabat dan staf DKISP Paser.

Sosialisasi tersebut rencananya akan digelar di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 10 Kecamatan di Kabupaten Paser.

Kepala BPS Kabupaten Paser Hotbel Purba mengatakan, Sensus yang direncanakan pada 15 Pebruari ini akan melewati dua tahap.

” Tahap pertama adalah sensus penduduk secara online pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 yang dapat diakses di website sensus.bps.go.id ” kata Hotbel.

Sementara pada Juli 2020 lanjut Hotbel sensus penduduk wawancara meliputi pemeriksaan daftar penduduk, verifikasi lapangan, dan pencacahan lengkap.

” Masyarakat yang belum melaksanakan sensus penduduk secara online, akan dilakukan pendataan lagi tanggal 1 sampai 31 Juli 2020 ” ujar Hotbel.

Hotbel mengungkapkan SPO tersebut baru kali pertama dilaksanakan, bertujuan untuk memudahkan masyarakat, untuk mendaftarkan dirinya sendiri dengan berbagai fasilitas yang ada yang disiapkan oleh pemerintah serta dijaga kerahasiaannya.

” Dengan metode ini, masyarakat bisa mendaftar sendiri dan bisa mengecek sendiri apakah dia sudah terdaftar di data kependudukan, dengan mempunyai NIK, KK dan surat pendukung lain ” pungkasnya.

Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan BPS Kabupaten Paser nantinya akan dijadikan sebagai upaya untuk menghasilkan satu data kependudukan.

Selain itu Hotbel mengharapkan ada pertemuan dengan seluruh Kepala OPD di Kabupaten Paser, dengan menggelar rapat koordinasi tingkat kabupaten.

” Harapan kami juga akan menggelar rapat koordinasi tingkat kecamatan dan mengundang para kepala desa, agar nantinya dapat disosialisasikan kepada masayarakatnya ” harap Hotbel.

Total Views: 678 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *