Disperindagkop Siapkan Relokasi Pedagang Menyusul Pembangunan Pasar Tahap Dua

Tana Paser – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Paser telah menyiapkan tempat relokasi sementara untuk menampung para pedagang menyusul dilakukannya pembangunan Pasar Induk Senaken tahap dua tahun ini.

Kepala Disperindagkop UKM Paser, Yusuf mengatakan tempat relokasi sementara digunakan pedagang sambil menunggu proses pembangunan pasar rampung.
“Tempat relokasi sudah disiapkan, kami juga sudah pastikan saluran listrik PLN dipindahkan ke tempat relokasi,” kata Yusuf, Rabu (3/5).
Kata Yusuf, ada 20 pedagang yang direlokasi di tempat tersebut. Mereka adalah pedagang yang memiliki Hak Guna Pakai (HGP) berdasarkan data pada Disperindagkop.

Diketahui pembangunan pasar Senaken tahap dua akan segera dibangun Pemda Paser melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). Lapak yang dibangun sebanyak 107 lapak dan 5 ruang tanpa sekat.

“Penempatan pedagang di lapak yang baru nanti berdasarkan database yang ada di Disperindagkop,” ujar Yusuf.

Pembangunan tahap dua dilakukan mulai Mei ini dan diperkirakan selesai pada akhir tahun 2023. Sebelumnya pembangunan tahap satu sudah rampung dan sedang tahap pemeliharaan.

“Diperkirakan Juni atau Juli ini lapak di pembangunan tahap pertama bisa ditempati,” kata Yusuf.

Pembangunan pasar Senaken dilakukan untuk merevitalisasi pasar rakyat tersebut agar lebih rapih dan tertib serta representatif dan diharapkan keberadaannya mampu bersaing dengan pasar modern.

Disperindagkop Paser, lanjut Yusuf, terus mengupayakan penertiban pasar Senaken diantaranya penertiban pedagang yang berjualan di badan jalan.

“Penertiban terus kita lakukan agar pasar Senaken rapi tertib,” ucapnya.

Pewarta: Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *