Pembangunan Pasar Induk Senaken Tahap Dua Dimulai, Nilai Kontraknya Rp9,6 Miliar

Tana Paser – Guna mewujudkan pasar rakyat yang modern dan berdaya saing, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Paser pada tahun 2023 kembali melakukan pembangunan pasar induk Penyembolum Senaken, Tanah Grogot.

Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), M. Syaukani mengatakan saat ini pembangunan pasar Senaken tahap kedua itu sudah dilakukan dimulai dengan melakukan pemagaran di lokasi proyek.

“Ada 107 lapak dan lima ruang los (tanpa sekat) dengan ukuran tiga kali dua meter beserta dua buah kamar mandi yang akan dibangun di tahap dua ini,” kata Syaukani, Rabu (3/5).

Program representasi visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Paser untuk mewujudkan PASER MAS, Kabupaten Paser yang Maju, Adil, dan Sejahtera itu, menelan anggaran dengan nilai kontrak Rp9.616.229.000.

Adapun masa pekerjaannya diperkirakan memakan waktu 240 hari kalender, terhitung bulan Mei hingga Desember 2023.

Diketahui sebelumnya pada tahun 2022 lalu Pemda Paser telah membangun 104 lapak di atas lahan sekitar sembilan ribu meter persegi dengan anggaran lebih kurang Rp8,3 Miliar.

Ratusan lapak yang telah dibangun berupa 98 lapak berukuran 2,5 x 3 meter dan empat lapak berukuran 2,5 x 6 meter. beserta pembangunan gerbang, pos jaga dan pagar.

Pembangunan pasar Senaken tahap pertama sudah rampung dan saat ini sedang tahap pemeliharaan. Diperkirakan lapak bisa ditempati pada Juni atau Juli mendatang.

Terkait kelanjutan pembangunan tahap dua itu, lanjut Syaukani, DPUTR telah berkoordinasi dengan Disperindagkop UKM.

Ia menuturkan pembangunan pasar Senaken tidak terhenti di tahun ini. Pemda Paser direncanakan melanjutkan pembangunannya di tahun 2024.

“Pembangunan tahap ketiga akan dilanjutkan tahun depan, akan masuk tahap perencanaan,” kata Syaukani.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *