Sambut HUT Kemerdekaan Pemda Paser Gelar Gebyar UMKM

Tana Paser – Menyambut peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Pemerintah Daerah Kabupaten Paser bakal menggelar Gebyar UMKM. Kegiatan tersebut dilaksanakan juga untuk menyambut hari UMKM nasional 12 Agustus mendatang.

“Akan ada pameran pembangunan, produk unggulan dan UMKM, wisata belanja, dan hiburan tanggal 12 sampai 19 Agustus di Gentung Temiang,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Paser, Yusuf, Minggu (30/7).

Sesuai tema hari UMKM nasional ‘Transformasi UMKM masa depan’, kata Yusuf, Pemda Paser terus berupaya mengatasi persoalan dan kendala yang dihadapi pelaku UMKM di daerah.

Melalui kegiatan Gebyar UMKM, Yusuf mengharapkan dapat memperkuat ekonomi daerah serta meningkatnya klasifikasi UMKM.

UMKM yang ‘naik kelas’, kata Yusuf, dinilai dari adanya kelengkapan izin, memiliki bekal pelatihan baik dalam hal pengemasan, pemasaran, maupun peningkatan produksi secara kualitas dan kuantitas.

Ia mengakui saat ini kualitas produk UMKM sulit bersaing karena minimnya keterampilan dalam pengemasan produk. Padahal saat ini terdapat 45.342 pelaku UMKM di Paser yang memiliki andil terhadap perekonomian daerah.

Besarnya kontribusi yang diberikan oleh para pelaku UMKM terhadap pemerintah, membuat pemerintah melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Paser dengan beberapa dinas terkait untuk terus berupaya meningkatkan kualitas UMKM.

Pemkab Paser, lanjutnya, terus berupaya merangkul para pelaku usaha mulai dari peningkatan kualitas produksi dan inovasi UMKM, bagaimana cara packaging yang menarik namun tetap efisien, seperti apa manajemen dan perencanaan keuangan yang baik serta branding dan digital marketing UMKM.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *