Buka Lomba Perahu Ketinting, Wabup Masitah : Junjung Tinggi Sportivitas, Bersaing Secara Sehat

Tana Paser, MCKabPaser – Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf membuka lomba balap perahu ketinting yang digelar oleh Persatuan Biduk Alus Paser di Sungai Seratai Desa Tanah Priuk, Minggu (30/7/2023).

Tampak hadir dilokasi perlombaan perwakilan forkopimda, Camat Tanah Grogot Abdul Rasyid, perwakilan perangkat daerah serta pengurus dan anggota Persatuan Biduk Alus Paser.

Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf dalam sambutannya mengatakan lomba balap ketinting ini merupakan wadah dan ajang silaturrahmi bagi nelayan.

“Mengingat balap perahu ketinting adalah olahraga kreasi yang merupakan tradisi atau budaya di masyarakat paser, tentunya perlu di support oleh berbagai pihak agar budaya ini bisa dilestarikan
dan dilaksanakan secara rutin,” kata Masitah.

Masitah menuturkan selain dari Pemerintah Kabupaten khususnya dari dinas pariwisata, diperlukan juga dukungan dari perusahaan swasta dan donatur agar kegiatan lomba ketinting ini bisa lebih besar lagi gaungnya.

“Ini juga sebagai upaya menjadikan atraksi budaya ini untuk menarik kunjungan wisatawan ke kampung kita,” tuturnya.

Masitah berharap tradisi lomba ketinting ini masuk dalam agenda pariwisata di Kabupaten Paser, karena selain memperkenalkan obyek wisata yg ada di Kabupaten Paser juga mampu memacu pertumbuhan ekonomi dengan memberdayakan UMKM yang ada.

“Kami dari pemerintah kedepannya akan terus mendukung terselenggaranya kegiatan ini sebagai ajang untuk mempromosikan kearifan lokal, kita harapkan olahraga kreasi ini terus berkembang dengan baik, mengingat peminatnya juga banyak dan penontonnya selalu melimpah ruah,” Ujar Wakil Bupati Paser tersebut.

Masitah juga berpesan kepada seluruh peserta lomba, untuk menjadikan lomba ini sebagai ajang silaturrahmi, junjung tinggi sportivitas, bersaing secara sehat dan jadilah peserta lomba yang baik dan bertanggung jawab.

Media Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *