Sektor UMKM Kunci Kebangkitan Ekonomi di Paser

TANA PASER, MCKabPaser – Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Paser Ina Rosana mengatakan bahwa sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kunci pemulihan ekonomi masyaraka di masa pandemi Covid-19.

Hal itu ia sampaikan saat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Paser menggelar high level meeting, bersama Bank Indonesia Cabang Balikpapan, dan para perangkat daerah, di kantor Bupati Paser, Senin (14/12/2020).

Ina Rosana selaku sekretaris TPID Paser mengatakan ada beberapa hal penting yang perlu perhatikan dalam mengendalikan inflasi tahun 2021 diantaranya memberdayakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Dalam hal ini kita perlu mengeluarkan kebijakan untuk peningkatan UMKM. Ini upaya peningkatan daya beli melalui dukungan sektor UMKM,” ujar Ina.

Rapat mengusung tema “transformasi digital UMKM pangan untuk mendukung stabilitas harga dan pemulihan ekonomi.”

Hadir dalam rapat ini Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Paser Ina Rosana dan unsur Forkopimda.

Ina menambahkan dalam mengendalikan inflasi, Pemerintah Daerah (Pemda) harus memperkuat kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat dengan mempercepat realisasi APBD. Ketersediaan data informasi untuk merumus kebijakan pusat daerah.

“Penguatan sinergi pemerintah pusat dan daerah, harus didukung dengan membeli produk-produk lokal,” ujar Ina.

Ketersediaan data informasi kata Ina juga diperlukan untuk merumus kebijakan pemerintah daerah.

“Saat ini Kabupaten Paser sudah memiliki neraca pangan. Data itu untuk mengambil kebijakan perangkat daerah dalam Menyusun program untuk antisipasi kerawanan pangan,” ujar Ina.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Total Views: 819 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *