Stabilisasi Harga, TPID Paser Gelar Operasi Pangan di Perbatasan

Tana Paser – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Paser melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama Bulog, kembali menggelar operasi pasar pangan murah di wilayah perbatasan Kaltim-Kalsel, tepatnya di Kecamatan Muara Komam, Senin (3/4).

Pada kegiatan yang digelar di kantor Kelurahan Muara Komam ini menjual kebutuhan sembako diantaranya beras, gula, minyak telur, tepung dengan harga terjangkau.

Petugas Bulog, Arifin mengatakan, beras sebanyak 1,2 Ton yang dibawa habis terjual dan antusiasme masyarakat cukup tinggi mengikuti kegiatan tersebut.”Yang tersisa gula dan tepung,” katanya.

TPID dan Bulog pada kegiatan operasi pasar murah ini menyediakan bahan pokok antara lain minyak 100 ltr, beras medium 1 ton, beras premium 200 kg, gula 100 kg, tepung 250 kg, dan telur 30 rak.

Bahan pokok yang dijual pada pasar murah beras kemasan medium 5 kg Rp47 ribu, beras premium Rp. 58 ribu, beras premium super Rp67 ribu, minyak goreng 2 liter Rp. 14 ribu, gula 1 kg Rp. 14 ribu, tepung terigu 1 kg Rp. 13 ribu, per rak telur Rp. 56 ribu.

Kabid Ketersediaan dan Stabilitasi Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser, Safriansyah, mengatakan operasi pasar yang telah berlangsung selama dua pekan terakhir merupakan lanjutan dari kegiatan stabilisasi harga di bulan Ramadan.

“Barang yang dijual lebih murah agar juga tidak terjadi kenaikan harga dan kelangkaan kebutuhan di bulan puasa,” ucapnya.

Selama lebih dua pekan kegiatan stabilisasi harga ini akan berlanjut di wilayah Batu Engau tepatnya di Desa Petangis dan di wilayah pesisir di Desa Lori Kecamatan Tanjung Harapan.”Akhir kegiatan sebelum hari raya Idul Fitri akan digelar Operasi pasar di Tanah Grogot,” katanya.

Lurah Muara Komam, Muksin, berharap kegiatan ini bisa kembali dilakukan jelang hari raya idul Fitri.”Tadi saya lihat beras habis, karena biasanya nanti jelang lebaran kebutuhan beras meningkat, semoga ada lagi operasi pasar sebelum lebaran,” ujar Muksin.

Pewarta : Hutja Editor : Ropii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *