Tingkatkan Pengelolaan, Bumdes Lusan Kunjungan Bumdes Padang Jaya

TANA PASER, MCKabPaser – Badan Usaha Milik Desa Lusan (Bumdes) Anggrek Bulan Desa lusan mengunjungi Bumdes Amanah di Desa Padang Jaya Kecamatan Kuaro, Kamis (07/01/2021) dalam rangka orientasi lapangan guna meningkatkan kapasitas pengelolaan bumdes tersebut.

Kunjungan dipimpin Camat Muara Komam, Kepala Desa Lusan M Irham, Ketua Bumdesa Anggrek Arsani, dan Tenaga Ahli pendamping desa. kunjungan diterima diterima Camat Kuaro M Sidik.

“Bumdes Anggrek Bulan ini masih tahap belajar khususnya dalam pengelolaan bumdes, harapannya Bumdes Amanah bisa berbagai ilmu dalam pengelolaan Bumdes,” kata Camat Muara Komam Abudl Rasyid.

Rasyid mengatakan Kecamatan Muara Komam memiliki potensi sumber daya alam yang bisa dikelola dengan baik.
“Kita ambil contoh pengelolaan air bersih karena sebenarnya desa di kecamatan muara komam air bersihnya bisa dimanfaatkan dan dikelola untuk bumdes,” ujarnya.

Kades Lusan M Irham mengatakan dengan kunjungan tersebut, Pemerintah Desa kedepan akan mencontoh bagaimana pengelolaan Bumdes di Desa Padang Jaya.

“Ini untuk berbagi pengalaman demi kemajuan desa kita,” ujar Irham.

Ketua Bumdes Amanah Sunarti mengatakan saat ini pihaknya telah mengelola tiga jenis usaha yaitu air bersih, pasar dan perkebunan.

Sementara Kepala Desa Padang Jaya Dzikri zulkarnain mengatakan pendapatan dari Bumdes Amanah setiap tahunnya berkiar Rp50 Juta sampai Rp60 Juta.

“Sekarang kita juga pengembangan kawasan aset – aset yang tidak produktif, meskipun saat ini masih tahap bembukaan lahan dan seterusnya,” ujar Dzikri.

Pada tahun 2021, Pemerintah Desa Padang Jaya mengalokasikan anggaran untuk pengembangan kelapa genjah dan kelengkeng.

“Tahun ini sudah menganggarkan buat kelengkeng dan kelapa genjah, kalau Desa Lusan mau nanti diberi linknya dengan provinsi,” ujar Dzikri.

Pewarta : Wahyu Ramadhany, Editor : Hutja

Total Views: 1749 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *