Peringati HKN, PMI Paser giat menggelar donor darah

TANA PASER, MCKabPaser – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN), Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Paser kembali menggelar donor darah sejak 12 hingga akhir November 2020 guna memenuhi kebutuhan darah di daerah ini.

“Donor darah dimulai di Puskesmas Suliliran Baru tanggal 12 November lalu dan rencana sampai akhir bulan ini,” kata pelaksana tugas unit donor darah PMI Paser, Sumardin, Senin (16/11/2020).

Sumardin mengatakan masa pandemi Covid-19 membuat PMI harus mematuhi protokol kesehatan sementara ketersediaan kantong darah sangat sedikit.

PMI Paser kata kata Sumardin berupaya menghubungi kantor-kantor yang bersedia untuk menggelar kegiatan donor.

“Selama pandemi, kami selalu menghubungi instansi maupun organisasi untuk donor darah,” kata Sumardin.

Terkecuali dalam waktu dekat, aparat dari Kepolisian Air yang akan datang untuk donor ke kantor PMI sekaligus memperingati HUT Kepolisian Air dan Udara (Polairud).

Sumardin mengakui sejauh ini antusias masyarakat cukup tinggi di setiap kegiatan donor darah.

Ia mencontohkan donor darah di Suliliran beberapa waktu lalu itu, tercatat ada 67 orang pendaftar dan PMI hanya menerima 24 diantaranya yang memenuhi syarat sebagai pendonor.

“Kalau 24 kantong darah saja hanya cukup untuk kebutuhan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panglima Sebaya dalam satu hari,” ujar Sumardin.

Sumardin berharap stok darah di Paser selalu mencukupi kebutuhan dan ia mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mendonorkan darahnya.

“Paling tidak selama setahun kita bisa mendonor sebanyak empat kali,” tutupnya.

Pewarta : Adit, editor : Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *