12 Warga Binaan Rutan Kelas IIb Tanah Grogot Dapat Remisi Natal 2023

Tana Paser, MCKabPaser – Sebanyak 12 Warga Binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIb Tanah Grogot mendapatkan remisi khusus pengurangan masa tahanan dari Kanwil Kemenkumham Kalimantan Timur saat Hari Raya Natal 2023.

Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad secara simbolis menyerahkan surat remisi itu kepada perwakilan warga binaan di Rutan Kelas IIb Tanah Grogot, Senin (25/12/2023).

Bayu Muhammad mengatakan jumlah warga binaan yang mendapatkan remisi natal sebanyak 12 orang, 1 orang diantaranya langsung bebas.

Bayu menjelaskan 12 warga binaan diberikan remisi atau pengurangan menjalani masa pidana di momen natal kali ini karena telah memenuhi syarat yang ditentukan dalam ketentuan peraturan Perundang-undangan.

Besaran remisi yang diterima jumlahnya beragam, mulai dari pengurangan masa pidana selama 15 hari, 1 bulan, hingga 1 bulan 15 hari.

Bayu menjelaskan, remisi yang diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada warga binaan yang telah memenuhi persyaratan serta sebagai bentuk dukungan kepada mereka untuk kembali berkontribusi bagi masyarakat dan negara setelah bebas dari masa hukuman.

“Remisi ini disesuaikan dengan tingkat masa hukuman yang telah dijalani warga binaan,” kata Bayu.

Dia berharap dengan masa pengurangan pidana itu dapat memacu para warga binaan untuk mengikuti program binaan dengan baik.

Dalam hal ini juga tak lupa Bayu Muhammad selaku Kepala Rutan mengucapkan selamat bagi warga binaan yang mendapatkan remisi.

“Tak lupa saya ucapkan Selamat Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, semoga moment Natal ini membawa damai dan sukacita untuk kita semua, keluarga dan yang tercinta,” ucap Bayu.

Hal inipun disambut baik oleh puluhan warga binaan pemasyarakatan yang ada di Rutan Tanah Grogot, Elyasser misalnya, salah satu warga binaan yang tak kuasa menahan ras syukurnya karena memperoleh remisi 1 Bulan 15 Hari.

” Saya sangat bersyukur nggak menyangka, 1 Bulan 15 hari tidak sebentarkan, saya dan teman-teman banyak mengucapkan terimakasih kepada Kepala Rutan dan seluruh petugas yang telah membina serta menjaga kami,” imbuhnya.

Media Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *