Asisten Pemkes Tutup Pelatihan Relawan Pemadam Kebakaran MPA

TANA PASER, MCKabPaser – Mewakili Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkes) Romif Erwinadi menutup Pelatihan Relawan Pemadam Kebakaran Masyarakat Peduli Api (MPA) dan penyerahan perlengkapan Dalkarhutla. Acara dilaksanakan di Hotel Kriyad, Kamis (24/11/2022).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Muhammad Lukman Darma, Pimpinan Bank Kaltimtara Yudhi Susatyo, Kasdim 0904/TGT Mayor Czi Edy Purwanto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ruslan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Chandra Irwanadhi, dan para Camat se – Kabupaten Paser.

Bupati Paser dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Kesra Romif Erwinadi mengatakan salah satu visi Pemerintah Kabupaten Paser Maju, Adil, Sejahtera (MAS) ialah pelaksanaan pembangunan diantaranya bertujuan meningkatkan nilai potensi agar dapat berdaya saing.

Romif menjelaskan Pemkab Paser memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kemampuan dan keterampilan dibidang tertentu seperti keahlian penyelamatan dan pemadaman api.

Dari segi topografi, geografis, dan kepadatan penduduk di Kabupaten Paser penyebarannya tidak merata, sehingga menurut Romif memerlukan penanganan khusus jika terjadi bencana kebakaran baik di hutan maupun lahan.

Jika terjadi bencana alam tidak hanya tanggung jawab Pemadam Kebakaran saja, tetapi kewajiban seluruh elemen masyarakat untuk saling tolong menolong.

“Disini peran kita sebagai masyarakat, relawan ialah mengabdikan, mendedikasikan untuk menolong sesama,” ujarnya.

Pemkab Paser memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Romif menilai pelatihan ini sangat tepat, karena menyangkut kepentingan masyarakat luas terutama jika terjadi bencana.

Ia berharap pelatihan ini membawa manfaat dan mampu menjadi bekal keterampilan terkait penyelamatan pemadaman api khususnya di Kabupaten Paser.

“Peralatan yang diberikan manfaatkan untuk antisipasi jika terjadi bencana kebakaran dan peliharalah peralatan,” tutup Romif.

Penulis : Adhitia, Editor : Rizal

Total Views: 21 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.