Bupati Paser Ikuti SAKIP dan RB Award 2021 Secara Virtual

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengikuti webinar Sakip dan RB Award 2021 yaitu Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang di gelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan – RB) secara virtual di ruang kerjanya, Selasa (05/04/2022)

Ikut mendampingi Bupati Paser pada webinar kali ini Asisten Administrasi Umum Murhariyanto dan Kepala Bagian Organisasi Arif Mediastomo

Kegiatan penyerahan hasil evaluasi ini merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah. Salah satu tujuan penyelenggaraannya adalah untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa reformasi birokrasi telah memiliki hasil yang nyata, birokrasi terus berbenah menuju terciptanya good governance.

Pada tahun 2021 evaluasi telah dilakukan Kemenpan-RB terhadap 79 Kementerian lembaga 34 pemerintah provinsi untuk SAKIP dan RB serta 494 kabupaten kota untuk SAKIP dan 441 kabupaten kota untuk RB dengan total unit yang menjadi sampel evaluasi mencapai 22.000 unit.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada SAKIP dan RB Award 2021 ini mendapat nilai BB untuk SAKIP dan nilai B untuk RB serta khususnya untuk Pemerintah Kabupaten Paser pada kegiatan tersebut mendapatkan nilai CC untuk SAKIP dan nilai CC untuk RB

Predikat CC maksudnya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah pusat dan daerah (AKIP) cukup baik. Namun demikian, masih perlu banyak perbaikan walaupun tidak mendasar khususnya akuntabilitas kinerja pada unit kerja.

Kepala Bagian Organisasi Arif Mediastomo yang di wawancarai usai mengikuti webinar mengatakan nilai akuntabilitas kinerja berdasarkan 5 komponen yaitu perencanaan kinerja, pelaporan, evaluasi kinerja dan capaian kinerja yang mana ada bobotnya masing – masing komponen.

“Kekurangan kita berdasarkan evaluasi Menpan tahun lalu yang kemungkinan tahun ini kurang lebih sama yakni pada komponen perencanaan kinerja dan pelaporan kinerja,” kata Arif

Arif menjelaskan Pemerintah Kabupaten Paser telah melakukan berbagai upaya dalam hal peningkatan nilai SAKIP dan RB seperti melakukan Coaching Klinik bagi perangkat daerah dalam hal penjenjangan kinerja, menyusun pedoman perencanaan kinerja, menyusun pedoman indikator kinerja, dan pedoman pengukuran dan pengumpulan data kinerja.

“Terkait upaya pengingkatan nilai AKIP, kami tanggal 29 maret 2022 telah melakukan bimbingan teknis penyusunan Peta Proses Bisnis dan tanggal 31 maret 2022 telah melakukan fasilitasi penguatan SAKIP dengan mengundang Kemenpan-RB sebagai narasumber” Tutup Arif. (Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *