Dukung Ekonomi Kerakyatan, Bupati Fahmi Resmikan Wisata Kuliner Sungai Tuak

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli kembali meresmikan icon baru Kabupaten Paser yaitu Kawasan wisata terpadu kuliner Sungai Tuak, Selasa malam (22/3/2023).

“Ini merupakan salah satu upaya dukungan dan perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) untuk ekonomi kerakyatan yang ada di Kabupaten Paser, khususnya melalalui UMKM lokal,” kata Bupati Fahmi.

Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah dan kesejahteraan para pelaku UMKM, pelaku seni, hotel dan lain-lain, , sebagaimana misi Paser MAS yaitu  Mewujudkan Perekonomian Daerah yang Mandiri dan Berdaya Saing.

Untuk itu dengan diresmikannya tempat ini yang terdiri dari 60 kios container bertingkat dan tidak bertingkat, diharapkan kepada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser agar segera melengkapi sarana dan prasarana yang masih kurang.

Hal ini harus dimaklumi karena sesuatu yang baru pasti banyak kekurangannya. Untuk itulah kekurangan ini agar segera dilengkapi di tahun berikutnya, baik penataan parkir, jalan masuk, sound system, pencahayaan dan lain-lain.

“Selain area kuliner juga disiapkan panggug terbuka, saya berharap panggung ini dapat digunakan sebagai ajang kreativifitas seperti pertunjukan, budaya, adat daerah, tari, musik dan lain-lain,” ungkapnya.

Sebagai destinasi wisata kuliner yang baru, Bupati Fahmi berharap wisata kuliner ini akan diminati masayarakat dengan daya Tarik yang dimiliki.

Pada kesempatan itu Bupati Fahmi mengajak kepada seluruh pengunjung, pemlik kios dan pengelola agar bersama-sama  menjaga fasilitas umum ini.

Apabila ada tangan-tangan yang jahil dan nakal bukan saja tugas Satpol PP akan tetapi tugas kita semua untuk memberi peringatan. Sehingga wisata kuliner ini tetap terjaga dan tetap nyaman sampai seterusnya tidak ada gangguan serta kekurangan.

“Tentunya wisata kuliner ini dapat menjadi tempat kebanggan bagi Kabupaten Paser, sehingga bisa kita viralkan agar menjadi magnet bagi orang luar daerah untuk tertarik mengunjungi wisata kuliner ini,” terangnya.

Bupati Fahmi pun berpesan khususnya kepada seluruh pengunjung, pengelola wisata kuliner dan pemilik kios yang melakukan usah kuliner di tempat ini, yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kebersihan.

Jangan sampai pengelolaan sampahnya di tempat ini tidak baik, apabila pengelolaan sampah tidak baik maka akan terlihat kumuh, untuk itu ia meminta kepada Kepala Disporapar agar semua pemilik dan pengelola kios agar menjadikan sampah sebagai perhatian utama.

“Hal itu merupakan upaya bagaimana mereka tetap selalu menjaga kebersihan tempat ini khususnya di masing-masing kios mereka,” ujarnya.

Selain itu juga Bupati berharap kepada Kepala Disporapar agar para UMKM ini dapat dibina dan dilatih bagaimana menawar serta memasarkan dan membuat brand produknya sehingga menarik calon pembeli, bahkan juga mengurus Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atas produknya.

Pada acara peresmian wisata kuliner ini Pemerintah Kabupaten Paser mengapresiasi kepada 213 para atlet dan 36 pelatih yang telah mengharumkan nama Kabupaten Paser di ajang Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) ke XVI Tahun 2022.

“Terima kasih atas kerja keras para pelatih, dan para atlet yang membuahkan hasil yang membanggakan. Semoga bonus yang diterima ini dapat memotivasi para atlet dan pelatih lebih semangat lagi,” tutupnya.

Hadir dalam acar tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Katsul Wijaya, Para Staf Ahli Bupati, Kepala Disporapar Paser Muksin, Kepala Satpol PP Muhammad Guntur, Camat Tanah Grogot Abdul Rasyid, Pimpinan Bankaltimtara Yudhi Susatyo, Ketua Lembaga Adat Paser Aji Ayub dan para tokoh masyarakat. MCKabPaser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *