Gerakan Paser Berzakat, Bupati Ajak Warga Berzakat Melalui Baznas

TANA PASER, MCKabPaser – Dalam rangka menyelenggarakan Gerakan Cinta Zakat di Kabupaten Paser, mewakili Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Paser Romif Erwinadi membuka Gerakan Paser berzakat di Gedung Awa Mangkuruku, Senin (17/04/2023).

Turut hadir Unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama, Asisten Administrasi Umum Murhariyanto, para Staf Ahli, para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Paser, para Camat serta Perwakilan Perbankan, BUMN / BUMD / BUMS.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Paser Romif Erwinadi mengatakan Gerakan Paser Berzakat adalah gerakan yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bertujuan untuk menghimpun zakat dari seluruh elemen masyarakat dan dimanfaatkan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Gerakan Paser berzakat kata Romif sesuai dengan Visi-misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser MAS (Maju, Adil, Sejahtera).

“Alhamdulillah pada gerakan cinta zakat yang kedua ini, Baznas Kabupaten Paser telah berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser dan BPJS Ketenagakerjaan dengan lebih banyak jenis bantuan yang disalurkan,” Ujar Romif.

Baznas Kabupaten Paser bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser telah menyalurkan bantuan terhadap warga terdampak bencana banjir yang terjadi di sekitar wilayah Kabupaten Paser. Sedangkan dengan BPJS Ketenagakerjaan, Pemerintah Kabupaten Paser telah memberikan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada 32.268 pekerja rentan yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Paser tahun 2023.

Romif menjelaskan, Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Paser mengajak masyarakat Paser dalam menjalankan salah satu rukun islam yaitu membayar zakat. Untuk itu pentingnya sosialisasi melalui Gerakan Paser berzakat di berbagai lingkungan.

“Saya juga mengimbau kepada seluruh Forkopimda beserta Intansi Vertikal di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser serta hadirin yang ada di ruangan ini untuk dapat menyalurkan zakatnya melalui amil zakat resmi seperti Baznas Kabupaten Paser karena selain memiliki payung hukum, juga turut berpartisipasi dalam usaha pemerintah dalam mengurangi kemiskinan,” Ajak Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Paser tersebut.

Kegiatan juga dirangkai dengan penyaluran zakat secara simbolis kepada mustahik, penyerahan program paser takwa beasiswa santri dan hafidz, penyerahan program paser cerdas beasiswa cendikia baznas, penyerahan program paser peduli, penyerahan program bantuan kesehatan, penyerahan bantuan paser sejahtera modal UMKM dan penyerahan bantuan beras CPPD kepada korban banjir serta penyerahan santuan BPJS Ketenagakerjaan.

Pemerintah Kabupaten Paser juga menerima Baznas Award 2023 yang diterima langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Paser Romif Erwinadi.

Penulis : Rizal, Foto : Adhitia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *