Harapan dan Cita Masyarakat Air Mati Akan Adanya Jalan Darat Akhirnya Terwujud

TANA PASER, MCKabPaser – Harapan dan cita-cita masyarakat Air Mati (Desa Harapan Baru)  setelah sekian lama menantikan akan adanya akses jalan darat akhirnya terwujud.

Pasalnya akses jalan Desa Harapan Baru menuju Desa Muara Paser dengan panjang mencapai 10 Kilo Meter kini telah dibuka.

Hal tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser dalam mengatasi kesenjangan antar wilayah di pedesaan, dengan meningkatkan infrastruktur jalan guna mewujudkan Kabupaten Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera.

Bupati Paser dr. fahmi Fadli mengungkapkan jalan yang dibuka dan dibangun di kawasan Cagar Alam (CA) ini dapat terlaksanana berkat kerjasama semua pihak.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Paser diucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya khususnya kepada Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Timur.

Dengan persetujuan dari BKSDA Provinsi Kaltim, maka usulan pembangunan jalan di kawasan CA ini bisa dilaksanakan.

“Kami menemukan pola untuk membuka akses jalan Harapan Baru ke Muara Paser melalui kerjasama yang akan kami jalankan. Tentunya dengan berbagai persyaratan. Khususnya yang akan di kerjakan di kawasan ini,” ungkap Fahmi Fadli saat meninjau progress Pembangunan jalan Harapan Baru – Muara Pasir, Senin (21/8/2023).

Jalan yang telah dibuka ini lanjut Fahmi, bukan berarti semerta-merta bisa disusul dengan pembangunan permukiman di kawasan CA ini. Akan tetapi untuk jangka panjang pihaknya akan berupaya untuk melakuka pembebasan kawasan tersebut.

“Kami berharap masyarakat juga turut serta menjaga dan turut melestatikan kawasan CA ini. Jika sudah terbentuk kawasan permukiman, tentu kami akan koordinasikan dengan pihak BKSDA,” ujarnya.

Bupati menyebutkan, pada 2023 ini jalan Desa Harapan Baru Muara Pasir ini sementara akan dibangun sepanjang enam kilo meter dulu dari panjang keseluruhan 10 kilo meter. Sisanya akan dianggarkan di 2024.

“Dikarenakan  permasalahan waktu pengerjaan, maka sisa jalan empat kilo tersebut akan dikerjakan di 2024,” kata Bupati.

Bupati berharap Pembangunan jalan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sesuai dengan visi Kabupaten Paser yakni Paser MAS Maju, Adil dan Sejahtera jalan di Desa Harapan Baru sudah ada berarti ada kemajuan serta pemerataan Pembangunan.

“Semoga dengan terbukanya akses jalan ini masyarakat Desa Harapan Baru bisa lebih sejatera, lebih baik lagi ke depan sesuai dengan moto kita “Olo Manin aso Buen Si Olo ‘Ndo yang artinya hari esok lebih baik dari hari ini” harapnya.

Sementara Kepala BKSDA Provinsi Kaltim M. Ari Wibawanto mengatakan, ini merupakan salah satu tindakan luar biasa yang dilakukan Bupati Paser dan jajarannya, sudah beberapa kali berpindah lokasi dikarenakan masih berstatus CA.

“Intinya kami berharap peningkatan kesejahteraan masyarakat, sampaikan bahwa ditengah kesulitan masyarakat pemerintah itu hadir. Diharapkan dengan terbukanya akses jalan, maka kesejahteraan masyarakat bisa meningkat dan perekonomian bisa jalan,” harapnya

Kepala Desa Harapan Baru H. Nasrudin mengucapkan terima kasih  tak terhingga kepada Pemkab Paser atas dibukanya akses jalan Air Mati Muara Pasir.

“Dengan dibukanya jalan ini Air Mati bukanlah Air Mati lagi, tapi benar-benar Harapan Baru, syukurnya luar biasa dan gembiranya luar biasa,” ucapnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Desa Muara Pasir Yahya, dirinya sangat berterimakasih dan bersyukur dengan ditingkatkannya ruas jalan Muara Paser yang sebelumnya rusak parah.

Turut hadir mendampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR ) Paser Hasanuddin, para Kepala Perangkat Daerah, Camat Tanah Grogot Abdul Rasyid, Lurah Tanah Grogot, dan sejumlah kepala desa Kecamatan Tanah GrogotMC.Kab.Paser/Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *