Perketat Keamanan, Rutan Grogot Tambah 16 Titik CCTV

TANA PASER, MCKabPaser – Dalam upaya memperkuat Keamanan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanah Grogot kembali menambah amunisi CCTV sebanyak 16 unit di Titik Titik Rawan, Rabu (15/11/23).

Hal itu disampaikan langsung Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad di ruang kerjanya. Pasalnya tingkat overcapacity di Rutan Tanah Grogot yang kian meningkat, membuat seluruh jajarannya meningkatkan kewaspadaan di seluruh sektor.

“Benar kita lakukan penambahan 16 titik pantauan di area blank spot, agar pengawasan kita terhadap warga binaan maksimal,” terang Bayu.

Bagaimana tidak, sebelumnya di Rutan Tanah Grogot sebelumnya hanya memiliki 8 titik CCTV, beruntungnya dikatakan Bayu, di Rutan Tanah Grogot selalu dalam keadaan kondusif.

“Setiba saya datang kesini hanya ada 8 titik, saya juga kaget untuk itu kita perkuat lagi sebagai bentuk deteksi dini sesuai arahan di Kanwil maupun di pusat,” jelasnya.

Di Rutan Tanah Grogot, regu Keamanan terbagi 4 regu jaga, yang masing-masing terdiri dari 9 orang, berbanding terbalik dengan jumlah warga binaan yang saat ini berjumlah 676 orang (per 15 November 2023).

Angka tersebut tentunya belum variabel ideal dalam menciptakan Lingkungan Pemasyarakatan yang kondusif, sewaktu- waktu kemungkinan bisa saja terjadi potensi gangguan Kamtib di dalam Rutan.

Untuk itu Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Achmad Zaki Al Hasni juga menjelaskan pihaknya juga selalu terjalin hubungan yang solid dengan Aparat Penegak hukum (APH) dan instansi lainnya, dengan segala keterbatasan yang ada.

” Setelah menambah jumlah titik pantauan, sesuai arahan Bapak karutan kita juga tambah fasilitas penerangan di tiap tiap-tiap sudut beranggang, tidak kalah penting kita juga terjalin sinergi yang baik dengan APH baik TNI polri maupun instansi terkait, apabila terjadi sesuatu dikemudian hari, kita sudah siap,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *