Ikuti Rakorpusda Secara Virtual, Fahmi Fadli : Kami Akan Tindaklanjuti Inflasi di Paser

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengikuti rapat koordinasi pusat dan daerah (Rakorpusda) pengendalian inflasi daerah tahun 2022 dengan tema sinergi dan inovasi untuk stabilitas harga dan ketahanan pangan yang digelar Ditjen Bina Pembangunan Daerah secara virtual di Ruang Rapat Sadurengas, Rabu (14/09/2022).

Acara ini dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Kabinet, Gubernur Bank Indonesia, anggota DPR RI, dan Gubernur se – Infonesia, serta Bupati / walikota se – Indonesia.

Turut mendampingi Bupati yakni Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Nur Asni, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Taharuddin, Sekretaris DPTH Siti Nurjariah serta Perangkat Daerah Terkait.

Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat, Airlangga Hartarto menjelaskan saat ini inflasi Indonesia mencapai 4,69 persen. Tujuan Rakorpusda ini untuk memperkuat sinergi pengendalian inflasi baik di tingkat Pusat maupun daerah dalam menjaga stabilitas harga dan ketahanan pangan nasional dalam mendukung momentum pemulihan ekonomi nasional.

“Gubernur, Walikota, Bupati, yang angka inflasinya diatas nasional diminta untuk menurunkan inflasi dalam beberapa bulan kedepan hingga dibawah 5 persen,” kata Airlangga.

Sementara Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan sesuai arahan dari pusat terkait pengendalian inflasi dari Ditjen Bina Pembangunan Daerah dan aturan menteri keuangan, Pemerintah Kabupaten Paser melalui Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) akan mengganggarkan total 20 miliar lebih yang akan disalurkan untuk bantuan sosial, pembukaan lapangan kerja dan transportasi.

“Dari arahan itu akan kita tindaklanjuti,” kata dr. Fahmi Fadli.

Bupati juga mengingatkan kepada instansi terkait untuk memberikan data bantuan itu kepada Kementerian keuangan paling lambat besok.

Setelahnya Pemkab Paser akan melakukan operasi pasar untuk memantau harga-harga barang apa saja yang mengalami kenaikan .

“Jika telah ada data kita akan mengadakan pasar murah untuk mengatasi hal itu,” ucap Bupati Paser

(Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *