Ikuti Upacara HUT ke-103 DAMKAR, Wabup Paser : Tingkatkan Komitmen Untuk Melayani Masyarakat

TANA PASER, McKabPaser – Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf bersama Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kebupaten Paser M. Lukman Dharma, mengikuti upacara secara virtual peringatan HUT ke-103 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tahun 2022, di ruang command center Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Paser, Selasa (1/3/2022).

Upacara dipimpin Menteri Dalam Negeri yang diwakili Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Dr. Safrizal, ZA, diikuti Kepala Daerah seluruh Indonesia dan para Kepala Dinas dan petugas Pemadam Kebakaran serta relawan.

Dr. Safrizal, ZA dalam sambutan Menteri Dalam Negeri mengatakan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pemadam kebakaran dan penyelamatan, yang telah menunjukkan dedikasi dan profesionalismenya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

“Sebagai perangkat daerah yang menjadi barisan terdepan dalam meberikan perlindungan kepada masyarakat dari bahaya api dan kondisi darurat,” kata Dr. Safrizal.

Pemadam kebakaran lanjut dia, telah menunjukkan prestasi yang luar biasa dan perlu komitmen dalam memberikan  layanan kedaruratan kepada seluruh warga masyarakat.

“Diharapkan kepada seluruh pemangku kepentingan baik itu di pusat dan daerah untuk menjadikan DAMKAR dan penyelamatan sebagai perangkat daerah yang professional berkemampuan dan mandiri,” tuturnya.

Pada peringatan HUT ke-103 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tahun 2022 ini, bertujuan  untuk mengkampanyekan peran, tugas dan fungsi DAMKAR dan penyelamatan, serta menunjukkan kesiapan untuk hadir dalam melayani masyrakat.

Sementara Wabup Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf menjelaskan di Kabupaten Paser pada 2021 tercatat sebanyak  40 kasus kebakaran.

“Hingga Pebruari 2022 ini sudah terjadi 13 kasus, jadi frekuensi kebakaran di Kabupaten Paser sudah tinggi,” ujar Wabup Paser Syarifah Masitah.

Untuk itu Ia berharap kepada seluruh petugas DAMKAR sebagai barisan terdepan di setiap kejadian, untuk selalu semangat dalam menangani kebakaran dan penyelamatan khususnya di Kabupaten Paser.

“Saya harapkan kepada petugas terus semangat dan terus meningkatkan komitmennya untuk melayani masyarakat agar lebih optimal lagi sesuai dengan SOP yang ada,” harapnya.

Karena itu tambah Syarifah Masitah, sesuai arahan Kementrian Dalam Negeri Pemkab Paser akan membentuk Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) di setiap kecamatan dan desa.

“Hal ini sudah di dukung dengan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli ditandai dengan adanya surat edaran untuk pembentukan REDKAR di seluruh desa dan kecamatan,” pungkasnya.

Di tahun ini menurut Kepala Dinas Kebakaran Kabupaten Paser M. Lukman Dharma menuturkan, terlebih dulu pihaknya akan meningkatkan kapasitas SDM Redkar dengan menggelar pelatihan-pelatihan.

“Kita akan tingkatkan dulu kapasitas dan kemampuan SDM sebelum terjun kelapangan,” tuturnya.

Lukman mengatakan untuk pembentukan Pos-pos sektor DAMKAR di Kecamatan masih proses sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18/2020 tentang perturan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13/2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Kita akan coba memproses pembentukan posko-posko yang ada di kecamatan untuk membantu tercapainya respon time di seluruh daerah Kabupaten Paser,” ujar Lukman.

Dikatakan Lukman, Saat ini sudah ada petugas Damkar di lima kecamatan diantaranaya, Long Kali, Long Ikis, Kuaro, Batu Sopang dan Kecamatan Muara komam.

“Kita targetkan membentuk Pos Sektor DAMKAR di 10 Kecamatan Kabupaten Paser,” tutup Lukman.

Upacara tersebut juga diikuti Sekretaris Dinas DAMKAR Kabupaten Paser Tatang Abdimas dan para Kepala Bidang, Kepala Seksi, petugas DAMKAR dan relawan kebakaran. (Tim Media Center Diskominfostaper Kab Paser)

Total Views: 42 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.