Pemkab Paser Ikuti Pelatihan Berbasis Digital Program Pintar

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser mengikuti kegiatan Pembukaan Pelatihan Berbasis Digital Program Pintar 2021/2022. Kegiatan ini dilaksanakan melalui zoom meeting di Kantor Diskominfo, Senin (18/10/2021).

Kegiatan ini mengambil tema “Era baru Pembelajaran berkualitas” .

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser Ina Rosana mengatakan kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Tanoto Foundation untuk melatih para guru di Indonesia dalam rangka digitalisasi pembelajaran menghadapi era society 5.0.

“Ini kerjasama tahap keempat antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Tanoto Foundation,” kata Ina Rosana.

Ia mengatakan banyak program dari Tanoto Foundation dalam melatih guru di era digitalisasi pada masa pandemi maupun pasca pandemi Covid-19.

“Kita harus antisipasi bagaimana arah kebijakan pendidikan di masa digitalisasi pasca pandemi,” katanya.

Ina mengatakan Pemkab Paser menyambut baik program kegiatan Tanoto Foundation yang sejalan dengan visi misi Pemkab Paser yaitu maju, adil, sejahtera.

Ina mengatakan dalam menjalankan visi misi beberapa hal telah dilakukan Pemkab Paser antara lian membantu para guru dengan memberikan laptop, bantuan prasarana belajar kepada anak didik, dan meningkatkan sarana dan prasarana belajar untuk siswa.
“Infrastruktur jaringan telekomunikasi juga kita siapkan,” ujarnya.

Ia menambahkan ini tak terlepas dari peran DKISP dalam menunjang pembelajaran digital.
“Sehingga sekolah di seluruh desa terjangkau Internet,” ucapnya.

Dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), Pemkab Paser kata Ina telah bekerjasama dengan beberapa Lembaga.

“Kita harapkan dengan kerjasama antara Pemkab Paser dan lembaga yang bergerak di peningkatan kualitas SDM ini, tentu akan membantu Pemerintah Daerah sebagai mitra dalam mempercepat kualitas SDM di kabupaten Paser,” kata Ina.

Ina mengatakan Tanoto Foundation mempersiapkan tenaga pendidik untuk program digitalisasi, karena di era Society 5.0 tenaga pendidik harus terbiasa dengan digitalisasi.

“Tidak hanya menyampaikan materi pembelajaran tetapi juga hal-hal lain yang berkaitan dengan pendidikan kita,” ujarnya.

Ina berharap kegiatan kerjasama dengan Tanoto Foundation terus berlanjut, sehingga dapat terus memberikan tambahan kepada tenaga pendidik dan juga komponen lain yang diperlukan saat Pemberlajaran.

“Semoga ke depan Pemkab Paser bisa langsung bekerjasama dengan Tanoto Foundation,” tutup Ina.

Dalam kegiatan ini, para narasumber yang hadir diantaranya CEO Global Tanoto Foundation Dr. J. Satrijo Tanudjojo, sekjen Kemdikbud ristek Ir. Suharti, PINTAR Training Lead Golda Eva Grace Simatupang.

Pewarta : Adhitia, Editor : Ropi’i

Total Views: 35 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *