Pemkab Paser Kampanyekan Budaya Makan Ikan

Tana Paser, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Perikanan mengkampanyekan budaya makan ikan kepada masyarakat Kabupaten Paser dengan menggelar perlombaan masak serba ikan tingkat Kabupaten di Gedung Awa Mangkuruku, Selasa (29/8/2023).

Perlombaan yang diikuti oleh tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di setiap Kecamatan Kabupaten Paser ini, dihadiri juga oleh Kepala Dinas Perikanan Ir. Sadaruddin, Kepala Dinas Kesehatan dr. I Dewa Made Sudarsana, Sekretaris PKK Kabupaten Paser Yola Yusuf serta perwakilan perangkat daerah.

Kepala Dinas Perikanan Ir. Sadaruddin mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan gemar makan ikan dan pentingnya ikan untuk kecerdasan anak serta bekerja sama dengan dinas kesehatan yakni dalam program pencegahan stunting melalui makan ikan.

“Lomba masak serba ikan ini merupakan program yang berkaitan dengan rangkaian program Kabupaten, Provinsi, dan Nasional,” kata Sadaruddin.

Sadaruddin mengatakan konsumsi Ikan Kabupaten Paser di tingkat nasional sebanyak 44 kg/perkapita.
“Untuk provinsi kita urutan 53 untuk konsumsi sedangkan di Kaltim urutan kedua setelah Balikpapan,” ujar Sadaruddin.

Ia berharap dengan perlombaan ini masyarakat lebih bisa membuat aneka makanan dari ikan sehingga membuat anak-anak minat makan ikan sehingga menurunkan angka stunting.

Sementara, sekretaris PKK Kabupaten Paser Yola Yusuf mengatakan melalui gerakan memasyarakatkan makan Ikan (gemarikan) diharapkan tumbuh kesadaran gizi
masyarakat untuk gemar konsumsi ikan yang sehat.

“Ikan dapat diolah menjadi berbagai menu hidangan olahan seperti sosis, bakso, nugget, abon ikan. Disini peran PKK berperan untuk memasyarakatkan konsumsi ikan kepada masyarakat,” ujar Yola.

Dalam perlombaan masak serba ikan ini dibagi 4 kategori yaitu pertama kategori menu keluarga dimenangkan oleh PKK Kecamatan Batu Engau, kedua kategori menu Balita dimenangkan oleh Kecamatan Batu Engau, ketiga kategori menu kudapan dimenangkan oleh Batu Engau, dan terakhir kategori favorit dimenangkan Tanjung Harapan.

Media Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *