Penganugerahan Inovasi Daerah Dorong Wujudkan Paser MAS

TANA PASER, MCKabPaser – Penganugerahan Inovasi Daerah ini diharapkan dapat merangsang aksi kreatif dan inovatif Perangkat Daerah, para ASN dan masyarakat Kabupaten Paser untuk terus mendorong mewujudkan PASER MAS Kabupaten Paser yang maju, Adil dan Sejahtera, Kata Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat membuka inovasi daerah dan launching inkubator, bisnis dan teknologi Kabupaten Paser tahun 2022, Senin (24/10/2022).

Dikatakan Bupati Fahmi upaya pemerintah Kabupaten dalam mendorong peningkatan ekonomi dilakukan dari berbagai aspek. Salah satu aspek yang paling mendasar adalah peningkatan produktivitas dari sisi hulu yang dikontribusikan melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Saya menyambut baik ditindaklanjutinya hasil inovasi terbaik dan memiliki potensi nilai ekonomi melalui kegiatan inkubator bisnis dan teknologi,” ujar Fahmi Fadli.

Bupati Fahmi juga mengucapkan terimakasih atas kerja keras semua pihak. Ia berharap penganugerahan inovasi daerah dan inkubator bisnis teknologi ini akan berjalan dengan baik dan lancar.

“Semoga dapat memotivasi perangkat daerah, ASN dan masyarakat untuk terus malakukan aksi-aksi kreatif dan inovatif, guna mendorong Kabupaten Paser menuju PASER MAS,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Paser M. Isnaini Yanuardi mengatakan penganugrahan inovasi daerah merupakan pemberian penghargaan terhadap inovator terbaik di Kabupaten Paser yang dijaring melalui Lomba Inovasi daerah Tahun 2022.

Bertujuan agar dapat memotivasi perangkat daerah, ASN dan masyarakat untuk bertindak kreatif dan inovatif.

Isnain menambahkan terdapat empat kategori dalam lomba ini diantaranya, PD paling inovatif, inovasi perangkat daerah tahap uji coba, inovasi perangkat daerah tahap penerapan dan lategori inovasi produk unggulan daerah.

“Sebanyak 46 inovasi dari 13 Perangkat Daerah dengan rincian yaitu inovasi kategori uji coba sebanyak 10 inovasi, inovasi tahap penerapan sebanyak 28 inovasi dan inovasi produk unggulan daerah sebanyak 8 inovasi,” kata Isnaini.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf, Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana.

Selain dihadiri oleh para kepala Perangkat daerah di
lingkungan pemerintah Kabupaten Paser, kegiatan ini juga dihadiri beberapa Perguruan Tinggi, KDOD-LAN Samarinda dan Bappedalitbang/Bappelitbang/Bappeda se – Kalimantan Timur.

Berikut juara Lomba Inovasi Daerah tahun 2022:

  •  Perangkat Daerah Paling Inovatif.
  •  Juara 1  Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Paser.
  •  Juara 2 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Paser.
  •  Juara 3 SMA Negeri 2 Tanah Grogot
  • Perangkat Daerah Paling Inovatif.
  •  Juara 1, Judul : SIMYANDU/Sistem Pelayanan Terpadu Versi 2022, Inovator : Najaludin, S.Sos, M.AP Dinas PTSP Paser.
  •  Juara 2, Judul: E-BUEN/Elektronik Bikin Urusan Enak dan Nyaman Spot Layanan Baru, Inovator : Moh. Nur Shobari, SE Disdukcapil Paser.
  •  Juara 3, Judul: SIKIPER/Sistem Informasi Kinerja Perangkat Daerah, Inovator: Rusdian Nor, SE, M.Si) Bappedalitbang Paser.
  •  Juara harapan 1 Judul: E-Presensi, Inovator:  Indah Setyo Rini, SP, MM. dan Yudisthira Ramadhany, S.Kom) BKPSDM Paser.
  • Inovasi produk unggulan dalam daerah
  •  Juara 1,  Judul : Pola Kemitraan Dalam Budidaya Jamur Tiram Sebagai Produk Unggulan Kabupaten Paser,  Inovator : Eko Arisyandi, S.IP, M.Si. Kelurahan Tanah Grogot.
  •  Juara 2, udul : ATABELA/ Alat Tanam Biji Langsung, Inovator : Agus Salim Desa Tajur.
  •  Juara 3, judul : Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Softcase atau Casing HP, Inovator : Ahmad Rifa’IRodi Kelurahan Tanah Grogot.
  •  Juara harapan 1, Judul: BIO ZPT PLUS, Inovator : Dakun Setiyawan Desa Samurangau.
  • Inovasi Perangkat Daerah tahap uji coba
  •  Juara 1 Judul : E-Mediasi/Sidang Mediasi  Elektronik, Inovator : Astikawati Latief, SH, MH. Disnakertrans Paser
  •  Juara 2 judul : SIMPARDA/Sistem Informasi Pariwisata Daerah, Inovator : Wahab Syahrani, SE) Disporapar Paser.

Penulis : Asmaul, Editor: Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *