Tingkatkan Daya Saing Daerah, Bappedalitbang Paser Gelar LID

TANA PASER, MCKabPaser – Dalam rangka meningkatkan daya saing daerah, Bappedalitbang Kabupaten Paser melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan menggelar Lomba Inovasi Daerah (LID) dengan Tema “ Inovasi Daerah Menuju Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera).

Dikatakan Isnaini bahwa Indeks daya saing daerah Kabupaten Paser Tahun 2021 masih masuk dalam kategori sedang dengan nilai sebesar 1,4140, pada aspek ekosistem inovasi di Kabupaten Paser juga berada pada kategori sedang yakni 1.4480.

Indek Inovasi daerah Kabupaten Paser Tahun 2022 meningkat dari tahun sebelumnya yakni sebesar 52,16, sedangkan Tahun 2021 sebesar 42,43 dengan kategori tetap yakni Kabupaten Inovatif.

“Untuk itu dengan adanya kegiatan tersebut dapat merangsang aksi kreatif dan inovatif dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para ASN dan masyarakat Kabupaten Paser yang disampaikan melalui lomba ini,” kata Kepala Bappedalitbang M. Isnaini Yanuardi, Selasa (6/6/2023).

Isnaini menyebutkan LID ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan masyarakat Kabupaten Paser dalam memfasilitasi peningkatan pendapatan masyarakat melalui aksi kreatif dan inovatif dalam mengelola produk/potensi unggulan daerah.

Mendorong masyarakat Kabupaten Paser melakukan aksi kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kehidupan mereka, sehingga meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah Kabupaten Paser.

Mendorong perangkat daerah dan ASN agar mampu meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah daearah, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mampu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah.

Selain itu juga meningkatkan kepekaan dan kontribusi dalam rangka meningkatkan daya saing daerah menuju Kabupaten Paser MAS Berdaya Saing Global.

“Serta menginventarisir dan memberikan tempat kepada masyarakat dalam menyampaikan gagasan-gagasan, aksi kreatif dan inovatif,” ujar Isnaini.

Dijelaskan Insnaini, luaran Lomba Inovasi Daerah ini berupa hasil inovasi serangkaian aksi kreatif dan inovatif masyarakat guna mendukung Peningkatan daya saing daerah (Evidensi: profile inovasi, Proto type, Vidio dan Photo Kegiatan).

Aparatur Daerah Kabupaten Paser yang kreatif dan inovatif dalam mendukung Peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, peningkatan pelayanan publik dan peranserta masyarakat dalam pembangunan daerah.

“Jika ada hasil inovasi yang bernilai ekonomis tinggi (Evidensi: Profile Inovasi produk unggulan daearah  dan Hasil Analisa Kelayakan Usaha),” pungkasnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan tema inovasi tahun 2023, terdapat empat kategori lomba  inovasi daerah di antarnya, kategori Inovasi Produk Unggulan Daerah (PUD), inovasi Perangkat Daerah pada tahapan uji coba, Inovasi Perangkat Daerah pada tahapan penerapan dan kategori Perangkat Daerah paling inovatif 2023.

 Untuk dapat mengikuti Lomba Inovasi Daerah tingkat Kabupaten Paser Tahun 2023 harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :

  1. Inovasi yang dirancang dan dilaksanakan adalah inovasi terkait dengan produk unggulan daerah (PUD), atau inovasi terkait dengan fungsi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser,
  2. Inovator inovasi dapat perseorangan atau berkelompok maksimal 3 (tiga) orang dalam satu Tim;
  3. Inovasi produk unggulan daerah (PUD) dalam tahap uji coba;
  4. Inovasi produk unggulan daerah (PUD) dalam tahap penerapan;
  5. Inovasi perangkat daerah (PD) dalam tahap uji coba;
  6. Inovasi perangkat daerah (PD) dalam tahap penerapan;
  7. Inovasi baik dalam tahap uji coba maupun penerapan belum pernah menjuarai lomba Tingkat Kabupaten, Propinsi, maupun Pusat, kecuali difusi inovasi yaitu inovasi lanjutan untuk peningkatan fungsi/manfaat, kapasitas, efektifitas, produktivitas dan lainnya.

Berikut Jadwal pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah Tahun 2023

NO.KEGIATANWAKTUPELAKSANA
1.Pengumuman LID 20235 Juni 2023Panitia Lomba
2.Penerimaan Naskah Inovasi Daerah5 Juni s.d. 5 September 2023Panitia Lomba
3.Seleksi 4 (empat) Inovasi terbaik tiap kategori5 s.d. 11 September 2023Dewan Juri
4.Penetapan 4 (empat) Inovasi terbaik13 September 2023Panitia dan Dewan Juri
5.Pengumuman 4 (empat) Inovasi terbaik15 September 2023Panitia
6.Penganugrahan Inovasi Daerah Kabupaten Paser Tahun 202320 September 2023Bupati Paser

Pemenang pada setiap kategori akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan, terdiri dari juara I, juara II, dan juara III, dan juara harapan I, dengan rincian besaran uang pembinaan sebagai beikut:

Juara I   : Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah)

Juara 2  : Rp. 7.500.000,- (tujuh juta lima ratus ribu rupiah)

 Juara 3 : Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah)

Juara 4 : Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah)

*MC Kab. Paser/Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *