Tuntaskan Pembangunan Listrik Desa, Bupati Paser Lakukan Audiensi Dengan Unsur Pimpinan PLN Kaltimra

BALIKPAPAN, MCKabPaser – Bupati Paser dr.Fahmi Fadli didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Paser Adi Maulana, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser Ina Rosana, melakukan Audiense dengan General Manager (GM)PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltimra) Saleh Siswanto Kamis (27/1/2022) di  Kantor PLN  Up3 Balikpapan.

Audiensi ini dihadiri Kepala Bagian (Kabag) SDA Usma, Kabag Protokol Abdul Kadir. Senior Manager Distribusi Bapak Eko Prihandana, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum Janti Sitorus, Manager UP2K Kaltim Rahmatan dan Manager UP3 Balikpapan Eko Hadi pranoto, dan Manager ULP Tanah Grogot, Bambang Hariyanto.

Diketahui pada 2021 sebanyak 10 desa di Kabupaten Paser telah dibangun jaringan listrik.

Ditambah dengan peningkatan jaringan listrik sebanyak 2 desa, diantaranya Desa Rantau Atas Kecamatan Muara Samu dan Desa Muara Adang II Kecamatan Long Kali.

Hingga saat ini masih ada tersisa 11 desa yang belum terpasang jaringan listrik.

Menyikapi hal ini Pemerintah Kabupaten Paser terus berupaya menuntaskan jaringan listrik di desa.

Bupati Paser dr.Fahmi Fadli mengatakan pertemuannya dengan pihak PLN ini adalah salah satu upaya pemerintah Kabupaten Paser Dalam rencana pembangunan listrik desa yang belum teraliri listrik PLN pada tahun 2022.

“Pemkab Paser memberi dukungan kepada PLN terkait kendala-kendala yang ada di lapangan, sehingga pembangunan listrik desa bisa berjalan lancar” kata Bupati Paser Fahmi Fadli.

Fahmi Fadli menjelaskan, pembangunan jaringan listrik sangat berpengaruh  terhadap program menuju smart city di Kabupaten Paser.

“Oleh karena itu Pemkab Paser ingin bersinergi dengan PLN, mengingat Kabupaten Paser termasuk 3 wilayah Ibu Kota Negara Baru dalam penerapan program smart city” ujar Fahmi.

Rasio desa berlistrik dan rasio elekrifikasi Kabupaten Paser tahun 2021 sebesar 74,86 persen.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Paser Adi Maulana mengatakan pada tahun ini Pemkab Paser akan memfokuskan pembangunan jaringan listrik di Desa Muara Andeh Kecamatan Muara Samu yang sebelumnya sempat tertunda.

“kita harus tetap optimis, Insya Allah semua desa di Paser bisa teraliri listrik.Tidak ada yang tidak bisa untuk kepentingan masyarakat, terutama dalam pembangunan jaringan listrik di Kabupaten Paser, “ ungkap Adi.

Sementara Kepala DKISP Paser Ina Rosana mengatakan bahwa jaringan listrik desa yang akan dibangun sangat berpengaruh dengan pembangunan tower telekomunikasi.

“Tower akan berfungsi ketika ada jaringan listrik, mengingat  ada 29 Base Transceiver Station (BTS) yang akan dibangun di beberapa spot di Paser” kata Ina.

Pembangunan jaringan listrik dan telekomunikasi ini lanjut Ina, menjadi hal yang sangat mendasar bagi masyarakat Kabupaten Paser terutama yang berada di pedesaan.

“Terutama di Desa Muara andeh, Keladen, random dan Senipah,” tutup Ina.

Tim Media Center Pemkab Paser

Total Views: 78 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.