Wabup Masitah : Pancasila Menjadi Semangat Membangkitkan Rasa Nasionalisme

TANA PASER, MCKabPaser – Mewakili Bupati, Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya, mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-77 yang digelar secara virtual di Ruang Rapat Sadurengas, Rabu (1/6/2022).

Turut hadir dalam upacara virtual itu Forum Komunikasi Pimpian Daerah Komandan Kodim 0904 Paser Letkol Infantri Ronald Wahyudi, Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta dan Kejari Paser Rajendra. D. Wiritanaya

Upacara yang dipusatkan di Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur itu, dipimpin Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dan dihadiri para pejabat negara serta diikuti seluruh kepala daerah di seluruh Indonesia secara virtual.

Dalam amanatnya, Presiden RI Joko Widodo mengajak seluruh anak-anak bangsa untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Bangsa dan Negara kita tetap bisa berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita sepakat untuk berlandaskan Pancasila”, tutur Presiden.

Joko Widodo mengingatkan agar betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkannya.

“Kita wujudkan ke dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan bernegara. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antara sesama anak bangsa”, imbuhnya.

Sementara Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf yang ditemui usai mengikuti upacara secara virtual itu mengatakan, pentingnya memperingati hari lahir pancasila, tidak hanya karena bernilai sejarah dimana kita mengingat kembali para pejuang yang sudah merumuskan pancasila, yang menjadi dasar negara dan falsapah hidup bagi bangsa indonesia.

Untuk itu lanjut Dia, yang paling utama adalah kita memaknai butir-butir yang terkandung dalam setiap sila dari Pancasila itu sendiri, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari.

“Terutama bagi generasi muda, pancasila harus bisa menjadi semangat untuk membangkitkan rasa nasionalisme, pedoman untuk melaksanakan tugas dan kewajiban dimanapun kita berada serta menjunjung tinggi norma-norma yang ada di masyarakat kita yang heterogen,” ucap Wabup Masitah.

Ia menambahkan, memaknai hari lahirnya Pancasila ini salah satunya untuk mempererat persatuan dan kesatuan, agar tidak mudah terpecah belah serta percaya terhadap berita-berita hoaks, sehingga keamanan dan ketertiban tetap terjaga.

“Pancasila juga pengingat kita dan menerapkan butir-butirnya untuk menjaga kedamaian daerah kita dari tantangan jaman,” tutupnya.

(Tim Media Center Diskominfostaper Kabupaten Paser).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *