Implementasikan P5, SDN 004 Tanah Grogot Gelar Panen Karya dan Pentas Seni

Tana Paser, MCKabPaser- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 004 Tanah Grogot melaksanakan panen karya proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 dikolaborasikan dengan pentas seni dengan tema “mewujudkan siswa yang berintegrasi kreatif dan berkarakter pancasila” pada Sabtu (17/6/2023).

Pengawas SDN 004 Tanah Grogot Sri Yantun
menjelaskan kegiatan ini merupakan implementasi P5 yakni proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

“antara lain menerapkan 6 tema yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif,” kata Sri.

Dalam kegiatan hari ini para murid menerapkan beberapa tema dari 6 tema di atas antara lain kebhinekaan global para murid dikenalkan dengan budaya perdamaian dengan berjualan dengan adil.

Sri menjelaskan untuk kearifan lokal para murid diminta untuk membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi budaya dan kearifan lokal masyarakat daerah dengan cara memperkenalkan jenis makanan dari berbagai daerah.

Ia menambahkan untuk kewirausahaan peserta didik belajar mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan memperhatikan masalah-masalah yang terkait dengan pengembangan potensi tersebut, serta dampaknya terhadap aspek lingkungan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara Kepala Sekolah SDN 004 Injiyah mengatakan kegiatan hari ini adalah panen karya penguatan project pelajar Pancasila, Pentas Seni, dan gelar karya siswa.

“Tujuannya agar para orang tua mengetahui para siswa-siswi dapat berkarya,” kata Kepala Sekolah SDN 004 tersebut.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini para siswa – siswi juga diharap dapat lebih meningkatkan diri, baik dari kualitas, karya, inovasi, karakter yang bermuara ke profil Pancasila.

Acara ini juga dirangkai dengan hapalan surah AL-ALAQ dan surah AL-Insyirah, seni silat, pembacaan puisi, pantonim, grup salawat, serta tampilan tari dan lagu.

Penulis : Adhitia, Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *