Manasik Haji Cilik, Upaya Tumbuhkan Minat Berhaji Usia Dini

Tana Paser – Ratusan siswa-siswa dari 31 taman kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Paser mengikuti kegiatan manasik haji cilik yang digelar Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Tanah Grogot, di halaman Masjid Agung Nurul Falah, jalan Kyai H. Ahmad Dahlan, Tanah Grogot, Rabu (15/5/2024).

“Mudah mudahan bisa membekali adik-adik dan bisa mengenali rangkaian dari kegiatan manasik haji,” kata Camat Tanah Grogot, Abdul Rasyid, saat membuka kegiatan tersebut.

Ia juga berharap melalui kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini, dapat membentuk mental para siswa TK menjadi generasi yang cerdas di masa depan.

Ketua IGTKI Kecamatan Tanah Grogot, Yuni Yati, mengatakan manasik haji cilik digelar untuk memperkenalkan rukun islam kelima kepada siswa TK dan PAUD.

“Kegiatan ini diharapkan dapat merangsang pola pikir anak sehingga nantinya mempunyai keinginan menunaikan ibadah haji,” ujarnya.

Kegiatan ini dikemas dikemas secara menyenangkan. Anak-anak diberikan penjelasan tentang hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan ibadah haji sekaligus diperagakan bagaimana tata cara pelaksanaannya.

Tata caranya sama seperti praktek haji pada eperti memakai baju ihram untuk siswa dan baju putih untuk siswi, melakukan Wukuf di Arafah, Tawaf, Sai, juga mencukur atau memotong rambut.

Antusiasme siswa TK sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan yang sudah menjadi rutin dan agenda jangka panjang dari IGTKI.

“Melalui kegiatan ini juga dapat melatih kedisiplinan, kekompakan dan kesabaran dalam mengikuti berbagai rangkaian ibadah haji,” ujar Yuni.

Kegiatan ini juga dihadiri Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pengawas TK, Ketua Pokja Bunda PAUD,, Ketua IGRA, dan Ketua HIMPAUDI Kabupaten Paser.

Pewarta: Asmadi, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *