Pendonor Darah di Paser Selama Ramadan Meningkat, PMI Sediakan Parcel Bagi Pendonor

Tana Paser, MCKabPaser – Jumlah pendonor darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Paser selama bulan Ramadan mengalami peningkatan dibanding hari biasanya.

“Jika di hari normal per hari hanya 20 pendonor, selama Ramadan bisa lebih, bisa sampai 30 orang,” kata Ketua PMI Kabupaten Paser, dr. Hadiwijaya, Rabu (20/04/2022).

Meski waktu yang ditentukan untuk pendonor cukup singkat selama bulan Ramadan ini, yakni setiap harinya donor darah dibuka pada pukul 08.00 – 10.00 WITA, dan pada malam harinya mulai pukul 20.00 – 23.00 WITA, ternyata tidak menyurutkan antusiasme masyarakat untuk mendonorkan darah.

“Keinginan pendonor cukup besar. Karena memang donor darah ini secara medis tidak memengaruhi kesehatan ya, terkhusus untuk umat Islam yang sedang menjalani puasa,” ujar Hadiwijaya.

Selain melayani donor darah di kantor PMI, kata Hadiwijaya, pihaknya juga melibatkan komunitas pemeluk agama seperti gereja dalam melakukan donor darah massal.

Lanjut dia, sebagai bentuk terima kasih, PMI memberikan parcel atau paket Ramadan kepada para pendonor. Parcel yang tersedia merupakan sumbangan dari para donatur.

“Jika nanti paket sudah habis, kami coba ganti dengan memberikan minyak goreng,” kata Hadiwijaya.
Ia menerangkan stok darah di PMI Paser kebanyak didistribusikan untuk keperluan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panglima Sebaya, yang setiap bulannya PMI bisa sampai 500 kantong darah yang didistribusikan.

Tertanggal 20 April 2022, stok darah di PMI masih masih ada 106 kantong darah terdiri dari 34 kantong darah golongan A, 46 golongan B, 34 golongan O, dan 2 kantong darah golongan AB.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan, lanjut Hadiwijaya, PMI Paser terus berbenah hingga pelayanan sesuai standar nasional mulai dari melengkapi peralatan yang ada hingga pembenahan dalam perekrutan relawan.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *