DTPH Paser Salurkan 7.964 Bibit Jeruk Siam Madu kepada Tiga Gapoktan di Long Kali

Tana Paser -. Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Paser memberikan 7.964 bibit jeruk Siam madu kepada tiga gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Kecamatan Long Kali, Kamis (13/10).

Penyerahan secara simbolis dilakukan Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi dan anggota DPRD Kaltim Yenni Eviliana.

Kepala DTPH Paser Erwan Wahyudi mengatakan ribuan bibit tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Bantuan ini dalam rangka pengembangan kampung buah untuk menjadikan Kecamatan Long Kali sebagai sentra pengembangan tanaman hortikultura dan tanaman pangan,” kata Erwan.

Penerimaan bantuan bibit tersebut yakni Gapoktan Desa Mendik Karya, Gapoktan Desa Mendik dan Gapoktan kelurahan Long Kali.

Rinciannya untuk Long kali 2.500 bibit,
Mendik 1.464 bibit, dan Mendik karya 4.000 bibit.

Ribuan bibit tersebut, kata Erwan, akan dikembangkan di lahan 16 hektar dan pekarangan-pekarangan rumah warga.

“Kenapa dipilih di Long Kali, salah satu alasannya karena berbatasan dengan calon Ibu Kota Negara (IKN) baru, ini untuk menunjang persiapan pangan,” ujar Erwan.

Penyerahan bibit bersamaan dengan kegiatan farm field day atau kegiatan temu lapang antara petani, penyuluh, dan DTPH Paser.

Pada acara temu lapang itu Erwan memaparkan tentang organisme gangguan tanaman pada jambu air merah delima dan jambu kristal.

Ia menambahkan saat ini DTPH Paser sedang mengembangkan buah durian di lahan 40 hektar, tersebar di Desa Gunung Putar, Mendik, dan Desa Putang Kecamatan Long Kali.

“Kami juga mengembangkan durian di Desa Tanjung Pinang kecamatan Muara Samu

Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi mendukung kegiatan DTPH dalam pengembangan hortikultura di Kabupaten Paser khususnya di desa wisata buah yang berada di Desa Mendik Karya.

“Kegiatan ini sekligus menyerap aspirasi petani Desa Mendik Karya, Gapoktan Long Kali dan desa Mendik makmur,” ungkapnya.

Pewarta : Hutja, Editor: Ropi’i

Total Views: 6 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.