SMP 1 Tanah Grogot Wakili Kaltim Lomba Museum Tingkat Nasional

Tana Paser – Tiga pelajar dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tanah Grogot Kabupaten Paser akan mewakili Provinsi Kaltim dalam lomba cerdas cermat museum tingkat nasional. Sebelumnya ketiga pelajar tersebut juara pertama di tingkat provinsi.

“Bulan September nanti SMP 1 mewakili Kaltim di lomba museum tingkat nasional,” kata Pamong Budaya Ahli Muda Disdikbud Paser, Zulkarnain, Kamis (28/07/2022).

Diketahui sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Paser menggelar lomba cerdas cermat museum tingkat Kabupaten di arena Museum Sadurengas dalam rangkaian kegiatan Gebyar Museum tahun 2022. Dalam lomba itu SMP 1 juara pertama dan kemudian mengikuti lomba di tingkat provinsi Kaltim hingga akhirnya kembali ditetapkan sebagai juara pertama.

Karena akan membawa nama Provinsi Kaltim, kata Zulkarnain, ketiga pelajar SMP 1 akan mendapat pembinaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim.

“Informasi yang kami terima lombanya secara daring. Tapi belum tahu pasti dilaksanakan di sini atau di Samarinda,” ujar Zulkarnain.

Zulkarnain menilai lomba cerdas cermat museum tingkat nasional, menuntut para pelajar untuk lebih banyak menguasai materi dikarenakan banyaknya persaingan dari peserta lain di berbagai daerah. Namun yang pasti, kata dia, materi yang akan dilombakan tidak jauh seputar tentang museum sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

“Sebenarnya materinya ada di pelajaran yang mereka terima di sekolah di kelas tujuh dan delapan, seputar kebudayaan, kesenian, sejarah perjuangan, hingga kuliner khas daerah. Materinya yang diuji lebih umum dan kompetitif,” terang Zulkarnain.

Disdikbud Paser sendiri, lanjut Zulkarnain, selama dua tahun terakhir selalu melaksanakan lomba cerdas cermat museum tingkat pelajar SMP. Sementara di tingkat provinsi lomba ini sudah berlangsung lebih kurang lima belas tahun.

“Kaltim sejarahnya, dalam lomba cerdas cermat ini paling bagus masuk semifinal. Semoga pelajar kita bisa melebihi capaian itu,” kata Zulkarnain.

Sementara Kepala Disdikbud Paser M. Yunus Syam berharap para pelajar mempesiapkan diri dengan matang agar bisa meraih juara pertama di tingkat nasional.“Mereka harus tetap mempersiapkan diri agar bisa juara tingkat nasional,” ujar Yunus Syam.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Total Views: 9 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *