Lestarikan Cagar Budaya, Disdikbud Paser Gelar Gebyar Museum Sadurengas

TANA PASER, MCKabPaser –  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Paser menggelar Gebyar Museum Sadurengas pada 12 hingga 15 Juli 2021 yang diikuti pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan masyarakat umum.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Disdikbud Paser Surpiani mengatakan pada kegiatan ini pihaknya menggelar lomba melukis koleksi museum yang diikuti pelajar SD.

“Untuk pelajar SMP atau MTS, mengikuti lomba lomba cerdas cermat,” kata Surpiani.

Sementara, lanjut dia, masyarakat umum mengikuti lomba fotografi museum, video museum, vlog museum, lukis perisai, dan permainan belogo.

Dikemukakan Surpiani, lomba ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan Disdikbud Paser. Sumber dana kegiatan ini berasal dari Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Pada tahun ini peserta lomba sekitar 300 orang. Masing-masing lomba ada sekitar 30 peserta, ada beberapa peserta mundur karena sakit,” ucap Surpiani.

Lanjut Supriani, pihaknya memastikan kegiatan ini sesuai protokol kesehatan. Panitia mewajibkan peserta menggunakan masker, mencuci tangan dengan bersih, dan menjaga jarak satu sama lain.

Kegiatan ini, kata dia, bertujuan untuk memperkenalkan kepada pelajar dan masyarakat bahwa Museum Sadurengas merupakan cagar budaya daerah yang perlu dilestarikan.

Salah seorang peserta, Sri Mulyati, mengaku senang setelah mengikuti lomba ini. Menurutnya kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya daerah dan kreativitas.

“Terima kasih sudah ada kegiatan seperti ini. Ini momen jarang, perlu sosialisasi lagi agar lebih banyak masyarakat tertarik,” ucap Sri Mulyati. Foto : Adhitia

Pewarta : Adhitia, Editor : Hutja

Total Views: 1793 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *